Wawako Perjuangkan Ketua RT/RW Dapat Jaminan Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan

Perjuangan ketua RT ataupun ketua RW dalam menjalani tugasnya tak pernah lepas dari perhatian Pemerintah Kota Palembang.

Sebagai bentuk perhatiannya, Pemerintah kota Palembang melalui Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda perjuangkan nasib ketua RT dan RW untuk mendapatkan jaminan kecelakaan kerja melalui BPJS Ketenagakerjaan.

Hal itu terlihat langsung dalam agenda rapat yang dilakukan terkait BPJS Ketenagakerjaan bagi RT dan RW di Ruang Rapat Bappeda Litbang Pemerintah Kota Palembang, Selasa 22 November 2022.

"RT RW ini tugasnya berat, dari terbit matahari hingga tenggelam matahari. Hampir sama seperti tugas kepala daerah yang tidak ada jamnya dan tidak ada waktunya, mereka terus bekerja melayani masyarakat sebagai garda terdepan," kata Fitrianti Agustinda.

Disampaikan Fitri, beratnya tugas yang dijalani oleh ketua RT dan RW tersebut merupakan suatu alasan Pemerintah Kota Palembang untuk memberikan BPJS Ketenagakerjaan.

"Karena kita tahu, sebagian besar RT RW ini bukan bagian dari tenaga kerja di luar, tapi betul-betul mengandalkan insentif dari Pemerintah saja," ujarnya.

Selain itu, Wakil Walikota Palembang dua periode itu juga mengatakan, bahwa apa yang dilakukan tersebut juga sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia.

"Keinginan bapak Presiden sendiri, di 2024 seluruh tenaga kerja ini seharusnya dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan," tungkasnya.

TAGS: