Wali Kota Palembang Ingatkan Masyarakat Jangan Lengah COVID-19

Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru, Wali Kota Palembang H. Harnojoyo serta unsur FKPD Palembang melaksanakan Salat Iduladha di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) Jayo Wikramo Palembang, Minggu (10/7/2022).

Antusiasme masyarakat Palembang untuk salat di Masjid Agung sangat tinggi. Sejak subuh mereka mulai mendatangi masjid dan menunggu pelaksanaan salat Id, yang datang setelah subuh mesti rela salat di luar halaman masjid. Bahkan hingga ke Bundaran Air Mancur, hingga Jembatan Ampera.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, saat ini Palembang telah berstatus wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. Artinya, kasus COVID-19 di Palembang telah terkendali.

"Alhamdulillah, Palembang sekarang level 1. Meski status level 1 masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan tidak terlena dengan kasus COVID-19 yang menurun," ujar Harnojoyo.

Dalam sambutannya, Harnojoyo juga bersyukur karena umat muslim saat ini sudah bisa kembali melakukan ibadah haji. "Ada 1.478 orang jemaah dari Palembang dan se-Sumsel 3.201 orang. Semoga lancar dan sehat kembali ke Tanah Air," katanya.

Harnojoyo memaknai hari raya Iduladha yang identik dengan berkurban ini adalah bentuk keikhlasan dan ketakwaan kepada Allah.

"Harta, pangkat, jabatan, keluarga, dan nyawa kita sendiri adalah titipan dari Allah, sehingga bisa kapan saja Allah ambil," katanya.

Berkurban mengajarkan ketauhidan yang mendalam. Belajar dari Nabi Ibrahim saat harus mengurbankan Ismail, anaknya. Ini ujian keimanan dan ketakwaan.

"Bersyukurnya kita saat ini kurban dengan hewan ternak. Ibadah kurban untuk menjagah fitrah umat muslim menjadi lebih suci," ujar Harnojoyo. (*)
TAGS: