Ulang Tahun ke-1339, Palembang Terus Berbenah dan Lanjutkan Pembangunan

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengatakan, Kota Palembang sudah banyak kemajuan salah satunya pembangunan infrastruktur. 

Terlepas dari itu masih banyak juga yang harus terus dievaluasi.

Pernyataan ini dikemukakan Harnojoyo, di Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Palembang Dalam Rangka Peringatan ke-51 Hari Jadi Kota Palembang ke-1339 Tahun 2022, di Gedung DPRD Kota Palembang, Jumat (17/6/2022).

Adapun Hari Jadi ke-1339 Kota Palembang mengusung tema Palembang Sehat Ekonomi Bangkit guna mewujudkan Palembang Emas Darussalam 2023.

"Palembang sedang dalam pembangunan Flyover Simpang Sekip, Palembang masih dalam proses restorasi Lambidaro, menyambungkan kembali anak sungai, genangan air tinggal 56 titik," ujar Harnojoyo.

Terkait pelayanan air bersih, sampai 31 Des 2021, telah mencapai 82,84 persen masyarakat Palembang sudah terlayani air bersih. 

Produksi air bersih saat ini 4.500 liter per detik. Sedang dilakukan pembangunan Intake di Pulau Kerto 1.000 liter per detik.

"Diharapkan dengan dibangunnya IPA dan Intek dapat juga dukungan dari DPRD juga," katanya.

Selain itu, Palembang bagian Timur akan di bangun Intake 250 liter per detik. Pembangunan ini akan diserahkan ke pihak ke tiga dengan pola Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Dengan tambahan 500 liter per detik di Seberang Ulu sampai, sampai 2030 tidak kekurangan air," ujar Harnojoyo.

Ia melanjutkan, Kota Palembang mendapatkan Bantuan Gubernur di 2021 Rp143 miliar, sudah direalisasikan untuk pembangunan jalan dan normalisasi sungai dan anak sungai.

"2022 ini baru Rp47 miliar dan akan diberikan lagi Rp79 miliar," kata Harnojoyo.

Ketua DPRD Kota Palembang, Zainal Abidin, mengatakan, banyak kemajuan yang sudah dicapai Palembang.

"Satu tahun ini banyak kemajuan infrastruktur jalan, transportasi, peningkatan pertumbuhan masyarakat, dan menghasilkan banyak penghargaan," katanya. 

Gubernur Sumsel, H.Herman Deru, mengatakan bahwa, di Hari Jadi ke-1339 ini pembangunan di kota Palembang sudah banyak sekali dirasakan. 

Pihaknya berharap, rencana pembangunan Underpass Simpang Charitas sepanjang 1 Km sama dengan pola pembangunan Flyover Simpang Sekip. Ada sinergi dari Pusat, Pemprov dan Pemkot.

"Tentu ini tidak bisa dilakukan secara sepihak, tapi butuh sinergi bersama-sama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kota," katanya. (*)

TAGS: