H. Harnojoyo S.Sos & Fitrianti Agustinda S.H
Walikota & Wakil Walikota
Kota Palembang

Sekda, Pejabat dan ASN Pemkot Palembang Dites Urine

Pemerintah Kota Palembang terus menggencarkan tes urine ke pegawai di Organisasi Perangkat Daerah atau OPD. 

Hal ini menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

Sebelumnya tes urine sudah dilakukan di Kesbangpol dan Dinas Perhubungan Kota Palembang. 

Hari ini, Selasa (30/3/2021) tes urine untuk pegawai di Kantor Sekretariat Daerah (Setda), yang diikuti oleh Sekretaris Daerah Ratu Dewa bersama para pejabat, dan seluruh kepala OPD.

Sekretaris Daerah kota Palembang, Ratu Dewa menjadi peserta pertama mengikuti tes urine. 

"Hari ini adalah yang ketiga kita melakukan tes urine setelah sebelumnya Kesbangpol dan Dinas Perhubungan. Dan hari ini tes urine dilakukan untuk para pejabat, mulai dari Sekda, Kepala OPD hingga seluruh Camat, dengan total jumlah lebih kurang 69 orang," ujar Ratu Dewa. 

Ia berharap tes urine dapat dilakukan dan diikuti seluruh ASN dan non PNSD. 

"Kita berharap seluruhnya ikut. Karena kita tidak ingin ada pejabat dan pegawai yang terlibat narkoba."

Dia menambahkan, dari seluruh hasil tes urine yang didapat, rencana  akan diserahkan langsung kepada Wali Kota Palembang, H Harnojoyo selaku Pejabat Pembina Kepegawaian.

"Karena beliaulah yang berhak memberikan informasi terhadap teman-teman media serta menentukan keputusan yang akan diambil. Tugas saya sebagai Sekda sudah menyampaikan kepada beliau," ujar Dewa. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Palembang, Edison, menyampaikan dukungan terhadap Inpres yang ditindaklanjuti oleh Pemkot Palembang.

Menurut Edison, apa yang dilakukan tersebut juga guna mengetahui kondisi para pejabat di lingkungan kota Palembang. 

"Paling tidak bisa memantau kondisi kesehatan seluruh pejabat. Dan kita mendukung sepenuhnya," ujarnya. 

Bahkan, Edison juga menyampaikan bahwa dirinya tidak merasa sedikitpun rasa takut ketika mengetahui akan dilakukannya tes urine kepada seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkot tersebut.

"Jadi, untuk apa kita takut kalau diri kita sendiri bersih dari hal-hal seperti itu. Meskipun tes urine ini secara mendadak." (*)

TAGS: