Revitalisasi Sungai di Palembang Dilaksanakan Bertahap

Pemerintah Kota Palembang terus berupaya mengatasi genangan air maupun banjir. Antara lain melalui program revitalisasi sungai. Akan tetapi, hal itu tidak bisa diwujudkan secara cepat.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, program revitalisasi sungai membutuhkan anggaran yang cukup besar. Sebagai contoh, revitalisasi Sungai Sekanak Lambidaro diperkirakan menelan dana hingga 400 miliar.

"Kita sudah mulai untuk Sungai Sekanak dan Lambidaro dahulu. Itu panjangnya sekitar 11 kilometer dan menelan dana sekitar 400 miliar, ya,” kata Harnojoyo, Jumat (18/2/2022).

Ia menyebutkan, Palembang memiliki sebanyak 116 sungai yang tersebar di seluruh wilayah.

“Tantangan yang sangat besar apabila program revitalisasi sungai dicanangkan secara sekaligus. Sebab anggaran yang cukup besar harus disiapkan untuk program revitalisasi sungai tersebut," kata Harnojoyo.

Maka dari itu, program revitalisasi sungai harus dilakukan secara bertahap dengan beberapa langkah.

Program revitalisasi sungai tersebut juga nantinya akan mengkoneksikan seluruh sungai yang ada. Sehingga bisa mengembalikan fungsi dari sungai sebagai sarana transportasi ataupun pengendali banjir di Kota Palembang.

"Proyek puncaknya nanti kita koneksikan seluruh sungai ini agar bisa menjaga banjir. Untuk yang pertama yakni Sungai Sekanak Lambidaro dan Sungai Bendung," demikian Harnojoyo. (*)
TAGS: