H. Harnojoyo S.Sos & Fitrianti Agustinda S.H
Walikota & Wakil Walikota
Kota Palembang

Ratu Dewa Serahkan Kunci Rumah Untuk Onih

Rabu (22/9/2021) siang, menjadi hari paling bahagia,  Onih warga Jalan Lebak Murni Lorong Sawi Kelurahan Sako Kecamatan Sako Palembang.

Matanya bebinar dan senyumnya lebar meski tertutup masker tidak dapat disembunyikannya,  saat menerima kunci rumah barunya yang kini berdiri kokoh untuk ditempati dua kepala keluarga (KK).

Sebelumnya rumah yang ditempatinya sejak tahun 1980 bersama keluarga besarnya yaris roboh dan tidak layak huni.

“Kalau tidak ada bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mungkin kami masih tinggal dirumah yang reot,” katanya saat menerima kunci rumah barunya dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa.

Mata Onih terus bebinar, saat memasuki rumah yang seluas luas 6 meter X 6 meter dan memiliki dua kamar tidur dibangun dengan bata merah yang rampung dikerjakan selama 2,5 bulan oleh tukang bangunan yang terampil yang sengaja didatangkan Baznas Kota Palembang.

“Mungkin ketakutan seketika akan roboh masih membayangi kami, kini alhamdulilah telah sirna,” ungkapnya.

Sementara itu Sekda Palembang Ratu Dewa usai menyerahkan secara simbolis kunci rumah kepada warga Kecamatan Sako tersebut merasakan kebahagian yang sama.

Lantaran, ditengah pandemi saat ini program Baznas Kota Palembang dalam kegiatan sosial melalui dana zakat ASN di lingkungan Pemkot Palembang berdampak besar bagi warga yang sangat membutuhkan.

“Kita harap program ini dapat didukung semua ASN,” tegasnya.

Bahkan ASN tertinggi di lingkungan Pemkot Palembang, berharap program yang langsung menyentuh warga yang kurang mampu ini dapat terus ditingkatkan.

“Perlu kita ketahui kepada masyarakat, jika ingin rumahnya masuk dalam program ini tentunya bangunan tersebut harus milik sendiri bukan ngontrak atau bangunan milik orang lain,” katanya.

Nah, warga yang memiliki syarat itu, katanya dapat mengajukan dan melapor ke RT dan RT meneruskankannya ke pihak kelurahan.

“Nanti laporan yang dilaporkan pihak kelurahan akan diteruskan ke Camat dan akan ditindak lanjuti Baznas,” katanya.

Program yang telah digalakan sejak tahun 2016 ini kini telah membangun puluhan rumah warga.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Baznas Kota Palembang Ridwan Nawawi menambahkan , untuk biaya rehap per rumah total biayanya  Rp 60 juta.

“Untuk rumah Ibu Onih ini pengerjaannya sampai 2,5 bulan selesainya semua sudah termasuk pengecatannya. Kedepan kita rencanakan 1 bulan sekali dilakukan perbaikan rumah dalam program Palembang peduli dari Baznas,” katanya.


TAGS: