Pasca kebakaran hebat, Pedagang Pasar Cinde akan direlokasi

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda,Senin (28/11/2022) pagi, langsung meninjau lokasi kebakaran Pasar Cinde yang terbakar, Minggu (27/11/2022) malam tadi.
Setidaknya ada 40 kios pedagang yang menjadi amukan si jago merah, yang mengundang perhatian Fitrianti Agustinda.
Fitri mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana akan merelokaski pedagang Cinde yang terkena musibah itu.
“Pemkot Palembang merencanakan akan merelokasi mereka ke Pasar 26 Ilir, Palimo dan Gubah agar mereka bisa melakukan kegiatan berdagang,” kata Fitri disela sela meninjau lokasi kebaran tersebut.
Rencana relokasi ini, katanya alternatif sementara waktu, sebelum Pasar Cinde itu diperbaiki kembali pasca kebakaran.
 
"Saya memberikan saran dan jalan  lain agar mereka bisa memilih tempat untuk berdagang sembari menunggu adanya perbaikan, nanti kita berikan sewa lapak gratis,” tegasnya.
Selaian mendapat lapak gratis, pedagang yang lapaknya terbakar akan mendapat bantuan modal.
“Untuk kios pedagang yang tidak terbakar, namun mengalami kerusakan dari Pemkot sendiri mengajak kepada mereka untuk ikut pindah guna mendapatkan keselamatan bagi mereka, karena bangunan ini sangat rawan sekali," ungkapnya.
Tawaran itu, kata Fitri tidak dipaksakan kepada pedagang Cinde yang terkena musibah itu.
“INi adalah himbauan kepada mereka saja. Mengenai isu yang ada jika mereka pindah berjualan dan tidak bisa kembali jualan disini, itu bukan wewenang Pemkot karena itu kebijakan Pemerintah provinsi,” ungkapnya

TAGS: