KORMI Palembang Lestarikan Budaya Lewat Olahraga

Palembang Sumatra Selatan sebagai kota tertua di Indonesia memiliki berbagai kearifan budaya dan permainan tradisional namun banyak yang belum menyadari ternyata bisa dikembangkan sebagai olahraga masyarakat.

"KORMI Kota Palembang hadir untuk mewadahi hal tersebut sehingga pertandingan yang kita lakukan itu nantinya akan bersifat resmi dan bisa memberikan prestasi," ujar Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Palembang, Zulfikar Muharammi, Senin (14/2/2022).

Selain menaungi berbagai olahraga masyarakat untuk berprestasi, menurut Zulfikar hadirnya KORMI Kota Palembang juga akan kembali mengingatkan kita dengan slogan memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

"KORMI hadir dengan slogan sehat, bugar dan gembira. Hal ini pula yang menjadi prinsip dasar kita untuk bersama-sama menciptakan masyarakat Kota Palembang yang sehat, bugar dan gembira melalui olahraga masyarakat, dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)," ungkap Zulfikar.

Apalagi, dalam waktu dekat, Palembang akan menjadi tuan rumah Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas), yang diikuti oleh seluruh provinsi pada Juli mendatang.

Zulfikar mengatakan, KORMI Kota Palembang akan secara langsung terlibat dalam mengenalkan sekaligus melestarikan budaya Palembang secara nasional lewat permainan tradisional.

Zulfikar dan jajaran pengurus KORMI Kota Palembang yang baru saja dilantik oleh Ketua KORMI Sumsel, Samantha Tivani Deru, di Rumdin Wali Kota Palembang, pada waktu yang sama, juga berharap dukungan dan keterlibatan langsung dari seluruh elemen masyarakat.

"Anggaplah KORMI ini sebagai rumah bagi permainan tradisional dan olahraga masyarakat. Untuk itu, saya dan jajaran pengurus mengajak semua pegiat permainan tradisional dan olahraga masyarakat di Palembang, pemerintah dan stakeholder terkait untuk sama-sama membangun rumah ini. Kita ciptakan Palembang yang sehat, bugar dan gembira," ajaknya.

Ketua KORMI Sumsel, Samantha Tivani Deru berharap kepengurusan KORMI Kota Palembang di bawah kepemimpinan Zulfikar Muharammi untuk periode 2021-2025 ini, bisa memberikan kontribusi maksimal bagi pengembangan olahraga masyarakat di Palembang.

"Di samping itu, kami juga berharap dukungan maksimal Pemkot Palembang untuk sama-sama menyukseskan penyelenggaraan Fornas 2022 nanti," ujar Samantha. 

Samantha meyakini, banyak olahraga dan permainan tradisional asli Palembang yang nantinya bisa dimunculkan dan diperkenalkan secara nasional lewat berbagai event yang digelar secara rutin. (*)
TAGS: