Jambore PKK Palembang, Siap Wujudkan Keluarga Tangguh

 Sempat mengalami penundaan selama dua tahun akibat Pandemi Covid-1, Jambore Kader PKK Tingkat Kota Palembang kembali digelar.

Acara ini dipusatkan di ballroom Hotel The Zuri Transmart Palembang, Kamis (30/6/2022), dengan dihadiri 200 anggota PKK dari 18 kecamatan serta perwakilan walikota, Camat Kemuning, dan Lurah 24 Ilir.

Dengan mengusung tema "Siap Mewujudkan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Peduli Lingkungan",  jambore tahun 2022 ini berfokus pada kesehatan keluarga, tanggap bencana, serta peduli akan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kegiatan ini didominasi kegiatan ibu-ibu PKK untuk mengutip sampah dan mendaur ulang sampah menjadi barang yang berguna.

Sebelum kegiatan jambore resmi dibuka, kader PKK Kota Palembang terlebih dahulu melakukan kegiatan Operasi Semut atau mengutip sampah dan membersihkan area sekitar Sungai Lebak Cindo hingga ke Masjid Al Hikmah di belakang hotel Santika. Kemudian dilanjutkan dengan lomba kreasi daur ulang sampah dan senam pagi.

Jambore resmi dibuka oleh Sekretaris PPPAPM, Wati Purnamasari yang mewakili Walikota Palembang dan dilanjutkan dengan kegiatan lomba yel-yel per kecamatan dengan tema lingkungan.

Wati menuturkan, Jambore ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan sejak 7 tahun lalu.

"Ini adalah salah satu apresiasi dari ibu ketua tim penggerak PKK Kota Palembang. Untuk semua kader yang sudah berpartisipasi dalam menggerakkan masyarakat, sehingga masyarakat bisa hidup sehat, bisa membersihkan lingkungannya. Ini saatnya kami para pengurus mendekatkan diri dengan para kader dan juga memberikan apresiasi, pokoknya hari ini semua harus bergembira," Wati menerangkan.

Seorang peserta, Ibu Indah dari Ilir Timur 3 mengungkapkan rasa senangnya mengikuti kegiatan Jambore Kader PKK tahun ini karena setelah dua tahun akhirnya bisa kembali bertemu  dan mengenal banyak teman dari kecamatan yang berbeda.

"Saya sudah ikut tiga kali, saya sangat senang sekali bisa bersilaturahmi dan bergabung dengan ibu-ibu PKK, kader kader.  Semoga kegiatan Kader PKK ini bisa ditingkatkan lagi gerakannya dari yang sudah-sudah," tukasnya. (*)

TAGS: