Al-Quran Akbar

Al-Qur'an Al-Akbar menjadi wisata religi ternama dan menjadi ikon Kota Palembang. Al-Qur'an megah ini menjadi koleksi Pondok Pesantren Al Ihsaniyah. Lokasinya berada di Jalan Moh. Amin, Gandus, Kecamatan Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Lembaran mushaf tersusun rapi setinggi 15 meter, hampir mencapai atap bangunan. Warna ukirannya begitu menawan, seluruh ruangan bernuansa cokelat kemasan.


Sesuai namanya Al-Akbar yang berarti besar, ukuran Al-Qur'an ini begitu besar. Tulisan ayat suci ini tertuang dalam media papan kayu. Tiap lembar memiliki ketinggian 177 centimeter, lebar 140 centimeter, dan tebal kayu 2.5 centimeter. Jika digabungkan ketebalan mushaf Al-Akbar mencapai 9 meter, menyamai lebar sebuah rumah. Tak heran Museum Rekor Indonesia (MURI) menobatkannya sebagai Al-Qur'an terbesar dan terberat di dunia.


Desain dan kemegahannya begitu mengagungkan sebagai media menuangkan kalam ilahi. Ikon kota tertua di Indonesia ini begitu ramai dikunjungi sebagai sarana wisata religi.


Selain berfoto, wisatawan lebih tenang dan merasa kagum. Menyelami keagungan mushaf terbesar di dunia yang ada di Palembang ini. Keindahan dengan nuansa warna keemasan begitu menawan. Keseluruhan bangunan ini memiliki nama resmi Bayt Al-Qur'an Al-Akbar dalam bahasa Indonesia berarti Rumah Al-Qur'an yang Besar.


Tak heran, Al-Qur'an Al-Akbar sering dijuluki Al-Qur'an raksasa. Total papan mushaf Al-Akbar berjumlah 630 halaman. Setiap lembar memiliki 2 muka halaman yang tersusun rapi pada rangka penyangga besi. Menjulang ke atas bak sebuah dinding raksasa dengan keindahannya.


Uniknya, tiap lembar yang terpasang pada rangka dapat diputar dan dibalik posisinya. Tujuannya untuk melihat bait ayat suci yang ada di sisi sebelah.


Wisatawan dapat menyusuri ruangan 5.520 meter persegi dengan susunan halaman Al-Qur'an utama setinggi 15 meter. Tak heran, objek wisata religi ini mampu menampung hingga 7.750 wisatawan. Lembaran mushaf ditempatkan pada bangunan membentuk blok-blok ruangan.


Perawatan kerap dilakukan untuk menjaga susunan Al-Qur'an Al-Akbar berdiri kokoh. Tiap lembaran juga kerap dibersihkan berkala dari debu dan kotoran yang menempel. Tak hanya sekedar untuk wisatawan, Bayt Al-Qur'an Al-Akbar juga menjadi pusat kegiatan keagamaan seperti tadarus, ceramah, hingga salat tarawih dan buka bersama ketika Bulan Ramadan.


Tiket masuknya begitu terjangkau, hanya dengan membayar Rp 20 ribu saja. Wisatawan dapat menyusuri kemegahan Bayt Al-Qur'an Al-Akbar. Fasilitas bioskop dengan film tema islami juga disediakan. Pengelola mengakui uang hasil tiket digunakan untuk kegiatan sosial pondok pesantren dan perawatan bangunan Bayt Al-Qur'an Al-Akbar.


Sumber: Menyelami Keagungan Al-Qur`an Al-Akbar, Mushaf Terbesar di Dunia. (2021, Juli 6). Diakses pada 7 Juli, 2020 dari situs https://www.merdeka.com/travel/menyelami-keagungan-al-quran-al-akbar-mushaf-terbesar-di-dunia.html

TAGS: #charmingpalembang