Harnojoyo: Masyarakat Palembang Sudah Kebal Covid-19

Wali Kota Palembang Harnojoyo menyampaikan pernyataan menarik. Katanya, masyarakat Palembang sudah memiliki kekebalan terhadap Covid 19.

“Angkanya mencapai 90,9 persen,” ujarnya, usai mengikuti video conference bersama Kementerian Kesehatan RI, di rumah dinasnya, Jumat (18/3/2022).

Tentu angka 90,9 persen ini bukan asal-asalan diucapkan Harnojoyo. Angka ini merujuk bahwa masyarakat Palembang sudah banyak yang mengikuti atau telah divaksin.

“Dari hasil survei, masyarakat di Indonesai sebanyak 86,6 persen sudah mempunyai antibody terkait Covid 19 dan untuk Kota Palembang sudah mencapai 90,9 persen," kata Harnojoyo pula.

Ia menyebutkan, ketercapaian vaksin jadi salah satu penyebab titer antibody masyarakat meningkat.

“Salah satunya karena vaksin dan pernah terpapar.”

Selain itu, angka Covid 19 di Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan ini juga terus melandai, sejak 14 Februari 2022. Bahkan, saat ini tingkat keterisian Rumah Sakit atau bed occupancy ratio (BOR) karena Covid 19 tinggal 60 persen.

"Dari Desember 2021, puncaknya di 14 Februari 2022. Dari 900 kasus aktif, sekarang terus turun dan BOR yang tinggal 60 persenan," ungkapnya.

Kendati begitu, Harnojoyo meminta masyarakat tidak lalai, karena yang memiliki antibody yang kuat, sangat mungkin menularkan mereka yang belum terpapar.

"Jadi kalo dari 100 orang pertemuan, 91 orang sudah kebal tapi ada 9 orang yang bisa tertular, makanya protokol kesehatan masih harus dikedepankan,” kata Harnojoyo. (*)

 

TAGS: