Gelar Festival Berkuda, Palembang Siap Bersinergi dengan Pemprov Sumsel

Sebanyak 22 pemanah berkuda dari Perkumpulan Panahan Berkuda Indonesia (KPBI) turut meramaikan kegiatan Festival Giat Talang Tuwo melalui Liga Turanggastra 2022 atau liga pemanahan berkuda.

Pemerintah Kota Palembang memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang digelar di Lahan Fasilitas Umum/Sosial Yayasan Pemuda, Jalan Pangdewa Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang ini, Jumat (25/3/2022).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa yang hadir langsung dalam Pembukaan Festival juga menyampaikan apresiasinya serta menyambut baik digelarnya Festival Giat Talang Tuwo.

"Cukup banyak nilai yang didapat. Apalagi ini adalah salah satu olahraga kegemaran Rasulullah yakni memanah dan berkuda. Ini adalah even yang positif," kata Ratu Dewa.

Menurutnya, selain memiliki nilai religius, nilai budaya serta olahraga, hal itu juga dinilai mampu menjadi aset potensi wisata yang luar biasa bagi Sumatera Selatan, khususnya kota Palembang.

"Ke depan kita akan bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi untuk mengembangkan olahraga ini," ujarnya.

Melalui langkah awal ini, Dewa melanjutkan, Pemerintah kota Palembang juga akan segera membangun sarana dan prasarana sebagai pendukung dalam memajukan olahraga tersebut.

"Bahkan tadi, Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan untuk segera melaksanakan Program Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) sebagai salah satu kota tertua. Nanti itu juga akan kita masukan even ini," demikian Sekda Ratu Dewa. (*)
TAGS: