Fitrianti Ajak Jaga Protokol Kesehatan di Puncak HUT HKN

Melalui peringatan Hari ulang tahun  (HUT) Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda tetap mengkampanyekan menjaga protokol kesehatan meskipun kondis sudah kembali normal. Selain itu juga dimoment HUT HKN masyarakat yang hendak mendapatkan pelayanan kesehatan agar dipermudah, cukup menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Hal diatas dibenarkannya saat membuka acara HUT HKN di tasik kambang iwak. Menurutnya ada beberapa masalah yang ia temukan seperti, masyarakat yang kurang mampu dan ia tinggal dilokasi berdekatan dengan rumah sakit. Namun sangat disayangkan ia harus melakukan rujukan berjenjang terlebih dahulu.

"Maka dari itu saya mengharapkan kepada instansi terkait agar bisa dikaji ulang kembali terhadap rujukan berjenjang tersebut yang menjadi persoalan, jangan dipersulit harus diberikanlah kemudahan," ungkap Fitri senin (21/11) saat sambutan acara HKN.

lanjutnya transisi pandemik ke endemi ini kita tidak boleh lengah, seluruh komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta berperan serta dalam upaya menjaga kesehatan, memprioritaskan promotif preventif dan semakin menggalakkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Pemerintah Pusat dan Daerah, Dunia Usaha, Organisasi Kemasyarakatan, Akademisi dan Praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan.
Hadirin yang berbahagia,
Dengan mengangkat tema “Bangkit IndonesiaKu Sehat NegeriKu” membuka peluang bagi seluruh lapisan masyarakat memasuki masa transisi. Hal ini   merupakan tantangan tersendiri di bidang kesehatan setelah fokus pada penanganan pandemi covid-19, kini dihadapkan pada penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM).

"Pandemi Covid-19 telah mengajarkan bahwa tak ada satupun orang di dunia yang aman.
Dibutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih siaga, antisipatif, responsif, dan tangguh dalam menghadapi ancaman masalah kesehatan yang

Oleh karena itu Kementerian Kesehatan menyusun langkah konkrit dengan melakukan transformasi sistem kesehatan yang fokus pada 6 pilar yaitu Layanan primer, Layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM Kesehatan teknologi kesehatan.

"Ya semoga peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 58 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat sehingga Indonesia bisa kembali sehat dan kembali tumbuh. Saya berharap rangkaian kegiatan dalam Peringatan HKN berfokus dengan hidup bersih dan sehat, membuat generasi kita ke dpan menjadi SDM yang berkualitas untuk daerah dan bangsa negara,"tutupnya

TAGS: