Dinas Pertanian Palembang Luncurkan Aplikasi Pak Tani

Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan meluncurkan aplikasi Pak Tani.

Aplikasi Pak Tani ini untuk mempermudah masyarakat dalam transaksi jual beli kebutuhan pokok, seperti sayur, daging ayam ataupun lainnya.

Wali Kota Palembang, H. Harnojoyo, mengatakan, Pak Tani merupakan suatu wadah bagi para produsen dan konsumen dalam suatu transaksi terkait produk pertanian atau hasil pertanian.

"Jadi hasil pertanian ini bisa dipasarkan melalui aplikasi Pak Tani," ujar Harnojoyo, usai melaunching aplikasi itu, di rumah dinasnya, Rabu (30/3/2022).

Menurut Harnojoyo, kehadiran aplikasi Pak Tani akan berdampak positif bagi masyarakat, khususnya dalam kondisi pandemi Covid-19.

"Karena protokol kesehatan memang terus kita terapkan. Dan dengan aplikasi ini, jadi masyarakat juga bisa menghindari kontak langsung," kata Harnojoyo pula. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kota Palembang, Sayuti, menyampaikan, dinasnya hanya menyediakan wadah bagi para petani yang ingin memperdagangkan hasil tani atau ternaknya melalui suatu aplikasi.

"Khusus aplikasi Pak Tani, kita ini memfasilitasi antara pedagang dan pembeli. Dan dalam Aplikasi ini, kita juga bisa menjadi penjual ataupun bisa menjadi pembeli," kata Sayuti.

"Misalnya, kalau saya punya produk. Misalnya sapi dan ingin saya jual, bisa saya masukan dalam aplikasi ini dan bisa dilihat di seluruh Indonesia," Sayuti menambahkan.

Dijelaskan Sayuti, untuk proses penggunaan aplikasi itu sendiri, masyarakat sudah dapat mendownload langsung melalui Play Store.

"Kalau sudah didowload, bisa langsung digunakan. Sistemnya di sini, jika ada pembeli yang tertarik, bisa langsung mengklik dan menghubungi langsung penjual. Seperti OLX lah," kata Sayuti.

Selain peluncuran Aplikasi Pak Tani, Pemerintah kota Palembang bersama Ikatan Dokter Hewan Indonesia (IDHI) juga melaunching Kartu Identitas Hewan Rabies sebagai identitas Hewan Penular Rabies (HPR).

Sehari sebelumnya, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang juga meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Online Masyarakat Palembang (SIDEMANG). 

Kepala Dinas Kominfo Palembang, Edison, menerangkan, SI DEMANG adalah sebuah menu di aplikasi Hallo Palembang, yang bertujuan lebih mendekatkan pelayanan ke masyarakat, terutama pelayanan administrasi dasar yang berada di kecamatan dan kelurahan, memangkas prosedur.

Selain itu, aplikasi ini diluncurkan dalam rangka menghadapi era digitalisasi sekaligus salah satu upaya mempercepat pembangunan Kota Palembang.

Edison juga menuturkan, untuk saat ini masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan dalam pembuatan surat domisili, surat keterangan tidak mampu dan pelayanan lainnya.

"Masyarakat juga bisa untuk mencetak sendiri. Ada 18 pelayanan di kelurahan dan 5 pelayanan untuk di kecamatan,” kata Edison. (*)



TAGS: