Cukup Dengan KTP, Warga Palembang Sudah Bisa Berobat

Masyarakat Palembang yang ingin mendapat layanan BPJS Kesehatan, saat ini semakin dipermudah.

“Hanya dengan KTP, peserta JKN-KIS sudah bisa mendapatkan layanan kesehatan di puskesmas, dokter FKTP, dan rumah sakit,” ujar Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, Senin (28/3/2022).

Ia menerangkan, kemudahan pelayanan JKN-KIS tersebut sesuai dengan UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan,

Dalam aturan itu, negara berkewajiban memberikan nomor identitas tunggal kepada peserta yaitu Nomor Induk Kependudukan, atau NIK.

NIK merupakan nomor identitas penduduk yang bersifat unik atau khas,tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia dan NIK menjadi nomor identitas tunggal untuk semua pelayanan publik.

“Program ini di Palembang akan segera kita launchingkan,” kata Dewa, Senin (28/3/2022).

Untuk itu, kata Dewa seluruh mitra pemberi pelayanan kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan baik Dokter FKTP, Puskesmas, dan Rumah sakit di kota Palembang, dapat menerima KTP/NIK sebagai kartu kepesertan JKN-KIS pada saat masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kota Palembang sejak 2019 telah mengikuti program Universal Health Coverage (UHC). Saat ini dari 1.704.538 jiwa penduduk Kota Palembang 1.657.971 jiwa atau 97,27 % sudah terdaftar sebagai pesertaBPJSJKN-KIS.

Kepesertaan tersebut terdiri peserta Pekerja Penerima Upah (PPU), Penerima Bantuan iuran (PBI) dan Peserta Mandiri.

Untuk pelaksanaan layanan kesehatan, Pemerintah Kota Palembang mempuyai 41 puskesmas dan 70 puskesmas pembantu.

Juga ada  2 RSUD yaitu RSUD Palembang BARI dan RSUD Gandus, yang semuanya itu merupakan mitra pelayanan kesehatan BPJS yang siap memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat peserta JKN-KIS secara gratis.
TAGS: