Cegah DBD , Dinkes Palembang Galakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

s Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang, dr Hj Fenty Aprina mengimbau masyarakat Kota Palembang untuk menggencarkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

"Memang kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) meningkat karena ini masih musim penghujan dari Oktober 2022 hingga Januari 2023 masih ada kasus DBD. Oleh karena itu diharapkan masyarakat dapat melakukan PSN," kata Fenty Aprina.

Fenty menjelaskan, masyarakat Kota Palembang dapat melakukan PSN di lingkungan masing-masing. "Dengan cara membersihkan rumah, mengubur sampah, dan menguras tempat penampungan air. Atau yang disebut 3 M cegah DBD," jelasnya.

Lanjut Fenty, memberantas DBD bisa juga dengan mengaktifkan peran Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) DBD.

"Mengaktifkan kembali Pokjanal Posyandu DBD, mulai dari kelurahan hingga tingkat kota diaktifkan. Bahkan Pokjanal Posyandu DBD Kota Palembang kita ini menjadi percontohan " ucapnya.

Fenty menyebutkan diaktifkan Pokjanal Posyandu bertujuan untuk selalu mengimbau masyarakat agar melakukan PSN secara berkala.

"Juga mengaktifkan kader-kader Juru Pemantau Jentik atau Jumantik yang sudah dibentuk," tukasnya.

Diketahui, Berdasarkan data Dinkes Palembang, terdapat 908 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Palembang pada tahun 2022. Dari 908 kasus tersebut, terdapat 15 orang meninggal karena DBD.

TAGS: