Belasan Rumah Terlalap Api, Wawako Palembang Instruksikan Percepat Bantuan

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda merespons cepat peristiwa kebakaran yang terjadi hari ini di Jalan Sultan Agung, Lorong Batu, Ampar Kelurahan 1 Ilir, Kecamatan Ilir Timur Dua.

“Saya instruksikan dinas terkait mempercepat bantuan, termasuk pembuatan tenda darurat dan dapur umum,” ujar Fitrianti, di hadapan kepala OPD Pemkot Palembang dan korban kebakaran, Selasa (19/7/2022).

Ia juga memerintahkan perangkat warga setempat untuk mendata korban dan harta benda yang ikut terbakar api. Kita utamakan yang balita, anak-anak serta wanita dan juga lansia dulu ya, kita tunggu datanya paling lama besok.

Dikatakan Fitrianti, pendataan ini untuk menghindari ada anak-anak korban kebakaran yang tidak bersekolah, dan mungkin terserang penyakit bagi lansia. “Dapur umum akan didirikan hari ini juga,” katanya menegaskan.

Selain itu, Fitrianti juga meminta warga sekitar agar mau menampung sementara saudaranya yang tertimpa musibah hingga bantuan datang.

"Besok saya ke sini lagi. Kita sama-sama berdoa agar rumah yang terbakar ini dapat dibangun kembali. Ini sudah masuk kategori bencana nasional,” kata Fitrianti pula.

Sementara itu, Dian Supriadi, ketua RT 1, mengatakan, kebakaran menghanguskan 12 bangunan warga. "Ada 8 rumah, sisanya bedeng yang terbakar. Total ada 17 KK,” sebut Dian.

Dari keterangan warga, kebakaran diduga dipicu korsleting listrik di rumah salah seorang warga. Api dengan cepat menghanguskan deretan rumah warga yang mayoritas terbuat dari kayu.

"Untuk penyebabnya masih belum tahu, cuma diduga karena korsleting listrik. Soalnya waktu kebakaran bedeng lagi ditinggal ke pasar, jadi lagi kosong. Alhamdulillah tidak korban jiwa dalam peristiwa ini,” kata Dian. (*)
TAGS: