H. Harnojoyo S.Sos & Fitrianti Agustinda S.H
Walikota & Wakil Walikota
Kota Palembang

Apel Gabungan di Dishub, Harnojoyo Soroti Parkir Liar

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengimbau Dinas Perhubungan untuk menertibkan juru parkir (jukir) liar yang dinilai meresahkan masyarakat.

Antara lain juru parkir di Indomaret dan Alfamart.

Menurut Harnojoyo, Indomaret dan Alfamart sudah membayar biaya berlangganan bulanan kepada Dinas Perhubungan. Sehingga konsumen dua ritel itu tidak perlu lagi membayar biaya parkir.

"Silakan laporkan jika masih ada Jukir yang bandel agar ditindaklanjuti oleh Dishub. Karena biasanya sudah ada tanda gratis di setiap gerai itu,” ujar Harnojoyo, usai menjadi Pembina apel gabungan Pemkot Palembang dengan Polrestabes, di halaman kantor Dishub Palembang, Senin (8/11/2021).

Dalam apel itu, Wali Kota Harnojoyo juga meminta Dinas Perhubungan mewujudkan realisasi retribusi parkir yang ditargetkan Rp 12 miliar.

Persoalan lain yang jadi sorotan Harnojoyo adalah soal kepatuhan berlalu lintas warga Palembang. Dari pantauan CCTV melalui ACTS, masih banyak warga kota ini yang tidak pakai helm saat mengendara.

“Kalau pakai masker, banyak masyarakat yang sudah patuh.”

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang, Aprizal Hasyim, mengatakan, dari 15 persimpangan sudah ada empat yang dipantau, yaitu simpang Parameswara, Dolog, Taman Siswa, dan Boom Baru.

Terkait parkir liar di Indomaret dan Alfamart, Aprizal menegaskan pengunjung tidak perlu bayar lagi.

"Kami minta kerja sama masyarakat untuk memberantas pungli parkir di Indomaret dan Alfamart. Untuk pengaduan parkir di Indomaret dan Alfamart bisa ke IG Dishub Palembang. Selain itu, kita juga akan lakukan razia. (*)

TAGS: