Palembang - Palembang - Musyawarah rencana pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kota Palembang resmi digelar, bertempat di Ruang rapat parameswara Musrenbang dibuka langsung oleh Walikota Palembang, H. Harnojoyo, dihadiri oleh Jajaran FKPD, SKPD Kota Palembang, Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Bappeda Kota Palembang dan melibatkan tokoh dan perwakilan masyarakat Kota Palembang, Kamis (17/3).

Musrenbang Kota Palembang kali ini mengusung tema “Melalui Musrenbang kita wujudkan percepatan pembangunan infrastruktur untuk mendukung pariwisata dan asian games 2018 di Kota Palembang”. Dalam musrenbang akan dibahas recana-rencana pembangunan Kota Palembang pada tahun 2017 mendatang.

Walikota Palembang, H. Harnojoyo mengungkapkan Penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kota Palembang Tahun 2016 merupakan bagian integral dari penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Palembang Tahun Anggaran 2017, juga sebagai landasan dan pedoman bagi Pemerintah Daerah dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Palembang Tahun Anggaran 2017 dan acuan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja-SKPD) Tahun Anggran 2017.

“Musrenbang adalah forum yang diadakan untuk secara bersama mengidentifikasi dan menentukan prioritas pembangunan, sinkronisasi program dan kegiatan antara pemerintah dan pemangku 5 kepentingan lainnya, sekaligus menyepakati kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017. Melalui penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kota Palembang Tahun 2016 ini, diharapkan terjalinnya koordinasi dan sinkronisasi program dan kegiatan pembangunan berikut pendanaannya untuk mewujudkan Palembang EMAS dan persiapan Kota Palembang sebagai tempat pelaksanaan Asian Games 2018” Ungkap Harnojoyo.

Lebih lanjut Harnojoyo mengatakan di Kota Palembang saat ini sedang dilaksanakan banyak sekali kegiatan pembangunan infrastruktur penunjang Asian Games seperti Jembatan Musi IV dan VI, Pembangunan LRT, Fly Over Bandara dan Keramasan, Penataan Kawasan Jl. Sudirman dari Simpang Charitas - Masjid Agung, Penataan Kawasan Jl. Sudirman dari Simpang Charitas – Simpang Polda, Penataan Kawasan Benteng Kuto Besak dan 16 Ilir serta kegiatan penanganan genangan melalui pompa Bendung.

“Di samping itu, kita juga menyiapkan untuk penataan kawasan destinasi wisata di Kawasan Bukit Siguntang. Sedangkan di bidang lingkungan setiap minggu dilakukan gotong royong di semua kelurahan Kota Palembang” Terang Harnojoyo.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Palembang, M Sapri menjelaskan, Dalam Musrenbang ini merumuskan program pembangunan Kota Palembang tahun 2017 yang dibagi menjadi program prioritas serta program dan kegiatan penajaman, “Program prioritas sendiri diantaranya, Peningkatan peran aparat kelurahan dan kecamatan dalm menata lingkungan yang sehat, pembangunan infrastruktur perkotaan, optimalisasi pembangunan pusat-pusat kegiatan perdagangan dan jasa, peningkatan nilai tambah pendapatan masyarakat dengan pemberdayaan dan penguatan UNKMK, serta melakukan kajian pengembangan daerah guna menghasilkaninovasi keunggulan daerah terutama sektor perdagangan dan jasa” Pungkas M Sapri.