Palembang - Forum Cooperate Sosial Responbilty (CSR) Kesejahteraan Sosial (Kesos) dan Institut Pendidikan dan Pelatihan Wirausaha Indonesia ( IPPWI),Kamis (31/1/2019) pagi beraudensi dengan Walikota Palembang H.Harnojoyo dikediaman dinas jalan Tasik Palembang.

Audensi yang dihadiri seluruh kepala Organisasi Kepala Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Palembang ini, Ketua Forum CSR Sumsel Rianthony Natakusuma berkeinginan orang nomor satu di Kota Palembang itu untuk meresmikan Kampung Layang Layang di Kelurahan 29 Ilir Kecamatan Ilir Barat (IB) II Palembang.

“Nanti juga kita ingin meminta Walikota Palembang untuk membuka lomba layang layang hias dan aduan,” katanya.

Dengan diresmikannya, Kampung Layang layang dan lomba layang layang hias dan aduan, bisa menjadi event tahunan, yang dampaknya bisa mendongkrak produksi layang layang di Kota Palembang.

“Dengan harapan lomba layang layang ini menjadi angin segar bagi produksi layang layang,” tegasnya.

Selain lomba layang layang, Forum CSR Sumsel akan turut berperan aktif dalam program nasional, pengentasan kemiskinan.

“Kita juga ingin ada program bedah rumah bagi warga yang kurang beruntung dan program magang kerja ke Jepang,” ungkapnya.

Untuk magang kerja ke Jepang ini, katanya pihaknya akan mengandeng pihak perusahaan untuk biaya modal bagi warga yang ingin magang kerja tersebut yang memiliki skill (keahlian) untuk dikembangkan.

“Untuk itu kami mengajak perusahaan agar membantu kuota masyarakat yang punya kemampuan dan pintar untuk disubsidi. Biaya pembekalan hingga pemberangjatan berkisar Rp 10- Rp 12 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Palembang H.Harnojoyo sangat mensuport program Forum CSR Sumsel dan IPWWI yang memiliki program selaras dengan program kerja Pemkot Palembang yang akan menurunkan tingkat angka kemiskinan hingga satu digit.

“Pemerintah Palembang sudah berkomitmen untuk menekan angka kemiskinan menjadi satu digit,” jelasnya.

Oleh karena itu dirinya mengajak seluruh OPD untukbersama-sama,salah satunya dengan cara mendukung membangun Kampung KB Layang-layang sebagai percontohan.

“Semua OPD laksanakan program untuk menjadikan Kampung KB sesuai dengan tujuannya,” ujarnya.

Menurutnya, bila Kampung KB Layang-layang berhasil maka selanjutnya bisa diterapkan pula pada kampung lainnya.
Dengan bersinergi dan koordinasi, Harnojoyo yakin semua program dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.