Palembang - Palembang – Kabar gembira bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Palembang, tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bulan Desember 2018 yang belum dibayarkan, akan dibayarkan pada Januari ini.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang, Hoyin Rizmu mengatakan, Pemerintah Kota Palembang memastikan akan membayarkan TPP ASN bulan Desember pada bulan ini.

“Aparatur Sipir Negara (ASN) jangan khawatir. TPP akan dibayarkan langsung dua bulan sekaligus, Desember dan Januari, ” ujarnya, Senin (7/1/2019).

Hoyin mengatakan, tertundanya lembayaran TPP ini dikarenakan Pemkot Palembang kehabisan anggaran, selain itu juga karena anggarannya yang berjumlah 11 bulan. Namun Ia menyangkal jika habisnya anggaran pemkot lantaran meningkatnya jumlah TPP yang digadang-gadang mencapai dua kali lipat.

“Ya habis itu karena ada penyesuaian peningkatan TPP, awalnya memang Rp14 miliar perbulan, sekarang lebih dari itu, tapi tidak signifikan,” jelasnya.

Hanya saja pihaknya tidak bisa memastikan di minggu keberapa TPP dicairkan. Diharapkan dengan belum terbayarkannya TPP tidak mempengaruhi kinerja pegawai.

ASN di lingkungan Pemkot Palembang yang belum mendapatkan pembayaran TPP akan langsung di transfer ke rekening masing-masing pegawai. “Secepatnya, tapi di bulan ini juga,” ujarnya.

Sementara itu, dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang 2018, terdapat dana silfa atau sisa anggaran sebesar Rp40 miliar. Dana tersebut dipersiapkan sebagai Uang Persediaan (UP). Ia membantah jika silfa tersebut lantaran terdapat pengerjaan pemkot yang tidak selesai.

“Dana ini dipersiapkan untuk pembayaran BBM, Telpon dan lainnya untuk setiap SKPD,” jelasnya.