Palembang - Mengawali minggu pertama di bulan Januari, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kembali melanjutkan program kegiatan gotong royong. Sungai Kebon Gede yang berlokasi di 32 Ilir, Kecamatan Ilir Barat (IB) 2 menjadi lokasi yang dibersihkan, Minggu (6/1/2019).

Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan, hampir empat tahun berjalan, kegiatan gotong royong seperti ini sudah membersihkan ratusan anak sungai. Yang mana terdapat kendala membersihkan anak sungai yang diatasnya berdiri bangunan milik masyarakat.

“Susah kalau di bahu sungai ada bangunan milik masyarakat, tidak mungkin dirobohkan begitu saja. Sudah pasti alat berat akan sulit masuk, apalagi orang yang akan masuk membersihkannya,” ujarnya.

Seperti kegiatan yang dilakukan di anak Sungai Kebon Gede ini terang Harnojoyo, ia pun mendapatkan laporan bilamana sungai ini kerap dijadikan masyarakat untuk tempat membuang sampah. Dengan 350 petugas kebersihan yang dimiliki Pemkot saat ini, tentunya belum bisa mengcover keseluruhan, tanpa disertai partisipasi masyarakat sekitar.

“Anak sungai ini baru pertama kali kami kunjungi, kami belum lagi mengunjungi anak sungai yang pertama kali kami bersihkan,” katanya.

Karena itu, kegiatan seperti ini, terang Harnojoyo dapat menjadi motivasi masyarakat agar sadar dan mau menjaga lingkungan sekitar rumah mereka. Terutama menumbuhkan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Atau menjadikan anak sungai, parit dan sungai sebagai tempat untuk membuang sampah. Ratusan kali kegiatan seperti ini dilakukan, kalau masyarakat tidak sadar, hasilnya belum dirasakan,” tuturnya.

Padahal, lanjut Harnojoyo prilaku masyarakat untuk mau menjaga lingkungannya bersih, terutama dilingkungan sekitar rumah dapat di turunkan pada generasi berikutnya. Sehingga kedepannya akan terbiasa berprilaku hidup bersih.

“Tidak apa, para RT, RW, lurah dan camat sedikit cerewet untuk mengingatkan, jangan sampai generasi kedekan tidak mewarisi prilaku untuk mau menjaga kebersihan karena tidak terbiasa dan tidak pernah melihat pendahulunya juga berbuat demikian,” imbaunya.

Sementara itu, Camat IB 2, A. Halim Mahmud mengatakan, sebelumnya kesadaran masyarakat di wilayahnya untuk menjaga kebersihan memang masih kurang. Hanya saja dengan adanya kegiatan seperti ini, kesadaran masyarakat dapat tumbuh dan tidak lagi membuang sampah di sungai.

Ia menjelaskan, imbauan selalu di sampaikan pihaknya disetiap pertemuan yang digelar bersama masyarakat.

“Kami selalu imbau warga agar menjaga kebersihan terutama kebersihan anak sungai,” singkatnya