Palembang - Walikota Kota Palembang H.Harnojoyo,Rabu ( 28/11/2018) meraih penghargaan dari Katadata Indeks Kelola bagi pemerintah daerah (Pemda) berprestasi dalam mengelola Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Penghargaan sendiri diserahkan langsung oleh Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Drs Syarifuddin kepada Walikota Palembang H.Harnojoyo di XXI Ballroom Djakarta Theater Jakarta.

Penilaian dengan mengunakan tiga katagori yakni, kategori pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi ini bertujuan untuk mendorong penggunaan APBD yang sejalan dengan agenda bangsa dan negara, seperti di bidang pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan pertumbuhan ekonomi.

Juga indeks kelola juga untuk mendorong kompetisi para pemimpin daerah dalam mewujudkan pengelolaan APBD yang efektif sekaligus untuk memberi apresiasi pemimpin daerah yang sukses mengelola APBD-nya.

“Diharapkan kegiatan ini akan memacu pemerintah daerah meningkatkan efektivitas dan optimalisasi dalam menggunakan APBD,” kata Syarifuddin.

Dengan melibatkan lembaga juri Ungu dan sejumlah ahli ekonomi indepenen sebelumnya telah menyusun beberapa kategori Indeks Kelola yang merupakan kinerja dan efektivitas pengelolaan APBD.

Terdiri Dr. Elan Satriawan, M.Ec,Kepala Pokja Pemantauan dan Evaluasi Tim Nasonal Percepatan Pemberantasan Kemiskinan (TNP2K).

Doktor jebolan Michigan State University juga merupakan pengajar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada.

Dr. Rimawan Pradiptyo, M. Sc, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada luluasn Universitas York, Inggris.

Rimawan mencatat sederet pengalaman mengelola data, antara lain sebagai Deputi Bidang Database dan Publikasi, Pelatihan dan Penelitian di bidang Ekonomi dan Bisnis (P2EB) UGM. Selanjutnya ada Dr. Gumilang Aryo Sahadewo, M.A. Staf pengajar UGM.

“Ada 66 kepala daerah yang dinilai dalam indek kelola ini,” katanya.

Sementara itu, Walikota Palembang H.Harnojoyo mengucapkan terimah kasih kepada Katadata yang telah memberikan penghargaan tersebut.

“ tentunya ini menjadi sebuah motivasi bagi kami agar terus bisa bekerja lebih baik lagi kedepan,dan Allhamdulilah saat ini pembangunan kesejahteraan Kota Palembang lebih meningkat mencapai 77,7%,semoga nantinya Kota Palembang bisa terus mempertahankan penghargaan dalam kategori pendidikan,kesehatan,kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi,” katanya