Palembang - Kota Palembang berhasil meraih dua penghargaan sekaligus diajang bergengsi Anugrah Pesona Indonesia (API) 2018 dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (RI) di Puri Agung BallroomHotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis (22/11/2018) malam.

Dua penghargaan tersebut yakni, katagori wisata halal terpopuler (juara 1) yakni Al Quran Al – Akbar dan katagori kampung adat terpopuler (juara 1) Kampung Al Munawar.

Penghargaan sendiri diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya melalui Deputi I Pemasaran Kementerian Pariwisata RI Masruro kepada Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda.

“Dua penghargaan ini akan menjadi motivasi kita disektor pariwisafa untuk dikembangkan lebih baik lagi, dan nantinya mata dunia akan tertuju di Palembang,” kata Wakil Walikota Palembang Fifrianti Agustinda.

Selama ini, Kota Palembang hanya menjadi kota hiburan dan jasa perhotelan, tidak lama lagi, sektor wisata akan mendominasi menjadi sektor pendapatan yang paling besar di daerah, sesuai dengan permintan Presiden RI.

“Tentunya akan berimbas sangat besar pada pendapatan untuk mendongkrak perekonomian rakyat seperti UKM dan IKM yang ada, sehingga produk kerajinan dan makanan khas kita akan lebih diburu para wisatawan, Sektor ini juga bisa memberikan banyak dampak positif kepada daerah kita selain pemasukan untuk kas daerah juga dapat mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah termasuk usaha kreatif.” tegasnya

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, suatu kebanggan dua destinasi wisata di Kota Palembang menjadi dua tempat terpopuler di ajang API 2018.

“Malam ini ada empat Gubernur dan lebih kurang 50 kepala daerah Walikota dan Bupati yang mendapatkan penghargaan bergengsi Anugrah Pesona Indonesia (API) 2018 salah satunya Kota Palembang yang mendapatkan penghargaan wisata halal terpopuler dan wisata kampung adat terpopuler,” ungkapnya.

Dua tempat wisata ini, kata Isnanini terpilih yang ditunjuk langsung dari pemerintah pusat dinilai secara votte.

“ Ini bagian untuk mewujudkan visi misi Palembang Emas Darusssalam 20123,” katanya

Kedepannya, kata Isnaini, tidak hanya dua katagori yang ingin di raih kota tertua di Indonesia, beberapa destinasi wisata baru juga akan dikembangkan untuk menjadi penilaian pemerintah pusat ditahun depan.

Adapun, destinasi wisata yang disiapkan untuk menarik perhatian pemerintah pusat agar destinasi baru wisata baru yang tengah digalakan dan di tata yakni, destinasi wisata Sekanak Bersolek, Gudang Boentjit, tugu Belido.
Termasuk beberapa kawasan yang tengah ditata dengan cara mengandeng pihak ketiga, yakni, destinasi wisata Kampung Air Pulo Kemarau, Kampung Sungai Lumpur di 10 Ulu, Kampung Kapitan.

“Untuk menjadikan tempat itu agar menjadi daya tarik pemerintah pusat untuk diajukan lomba ditingkat nasional, kita perlu penataan kreativitas, kenyamanan, kebersihan kemanan dan keramahan masyarakatnya,” tegasnya.