Palembang - Kendaraan dinas plat merah BG 2 A, menerobos rintik hujan, Senin (8/10/2018) pagi di jalan Putri Dayang Rindu Kelurahan Keramasan Kecamatan Kertapati Palembang yang membawa Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda.

Fitri (sapaan akrabnya) bersama beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pagi itu terjadwal berkunjung kawasan pemukiman penduduk di bantaran anak Sungai Musi, yakni Sungai Keramasan.

Setibanya di perkampungan warga, Fitri langsung di sesaki warga mulai dari ibu rumah tangga, ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga, yang ingin langsung bertatap muka dan manyampaikan aspirasinya.

Kepada warga dan pegawai kelurahan, Fitri meminta mereka langsung menyampaikan uneg unegnya, saat mereka menyampaikan aspirasinya Fitri langsung sigap memanggil ajudannya, untuk diambilkan buku merah yang menjadi catatannya setiap blusukan ke kampung kampung sejak dirinya di percaya menjadi Wakil Walikota mendampingi Harnojoyo.

Ia segera mencatat, dan memanggil dinas terkait apa yang dikeluhkan warga kepada dirinya.

“Apa yang disampaikan warga, saya catat agar tidak lupa termasuk jawaban OPD yang mendampingi saya saat bertatap dengan warga,” katanya.

Buku bersampul merah yang terbuat dari kulit itu pun kerap terlihat setiap berkunjung kemana saja, saat bertatap muka dengan warga, terlebih saat memimpin rapat kedinasaan.

“Pasti selalu saya bawa buku ini,  saya buka dan baca setiap perjalanan, sebagai pengingat saya ,” katanya.

Meski di zaman serba Digital, kata Fitri lebih memilih buku catatan, ketimbang mencatat dan keluhan warganya di smartphonen nya.

“Enakan di buka lebih enak menulisnya, kalau dicatatkan tidak lupa,” jelasnya.

Selama blusukan, dari buku merah inilah, dirinya mengetahui semua permasalahan yang dihadapi warganya.

“Semua catatan dari saya menjabat Wakil Walikota terutama permasalahan warga saya catat dalam buku ini, Insha Allah semua akan kita koordinir,” jelasnya