Palembang - Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Rabu (8/8/2018) sore menjadi saksi tempat penyajian berbagai varian pempek yang disajikan yang langsung disaksikan masyarakat Kota Palembang.

Berjumlah 18.818 porsi pempek ikan ber SNI yang disajikan ini sesuai dengan jadwal perhelatan olahraga akbar Asian Games (18-8-2018) menjadi rekor Museum Record Indonesia (MURI) tahun 2018, yang langsung disaksikan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dida Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Rabu (8/8/2018) sore menjadi saksi tempat penyajian berbagai varian pempek yang disajikan yang langsung disaksikan masyarakat Kota Palembang.

Berjumlah 18.818 porsi pempek ikan ber SNI yang disajikan ini sesuai dengan jadwal perhelatan olahraga akbar Asian Games (18-8-2018) menjadi rekor Museum Record Indonesia (MURI) tahun 2018, yang langsung disaksikan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya didampingi Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Penjabat (Pj) Walikota Palembang Akhmad Najib, dan Deputi Bidang Informasi BSN Dr Zakiah.

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, mengatakan, pempek sudah menjadi trending topik nasional.

Dirinya berharap, mpingi Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Penjabat (Pj) Walikota Palembang Akhmad Najib, dan Deputi Bidang Informasi BSN Dr Zakiah.

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya, mengatakan, pempek sudah menjadi trending topik nasional.

Dirinya berharap, Pemecahan Rekor Penyajian Pempek Terbanyak tersebut juga jadi trending topik.

“Paket pempek 7 ton perhari keluar Palembang itu adalah luar biasa. Saat ini top 5 kuliner Indonesia yang mendunia adalah rendang, soto, nasi goreng, gado-gado, dan tempe semoga pempek bisa jadi nomer 6 kuliner Indonesia yang mendunia,” pungkasnya.

Ditambahkannya, Palembang memiliki dua potensi yang dapat mendunia yaitu pempek dan songket.

Dirinya berharap, keduanya bisa menjadi potensi yang mampu mendorong Palembang makin dikenal dunia dan wisatawan tertarik mengunjungi Bumi Sriwijaya ini.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Walikota Palembang Akhmad Najib mengatakan, penyelenggaraan rekor muri ini diharapkan mampu mendorong penyediaan pangan yang berkualitas.

Penyelenggaraan ini juga bertujuan untuk memotivasi pengusaha pempek untuk menyediakan pempek ber-SNI.

“Pemerintah Kota Palembang berharap Rekor Muri ini membuat orang-orang makin tertarik untuk berkunjung ke Kota Palembang. Melalui kegiatan ini kita harapkan pelaku ekonomi khususnya pempek mampu meningkatkan kualitas, khususnya pempek,” pungkasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Pemecahan Rekor Muri ini juga identik dengan pelaksanaan Asian Games. Dirinya berharap, penyelenggaraan Asian Games di Palembang dapat berlangsung sukses dan lancar.