Palembang - Perhelatan olahraga akbar se-Asia, Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang sudah didepan mata. Pemerintah Kota (Pemkot) , Pemerintah Provinsi (Pemrov ) Sumsel dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terus berjibaku untuk mensukseskan event internasional yang akan mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia ini.

Tak kalah pentingnya, media center yang menjadi dapur redaksi jurnalis dari berbagai media cetak dan online dari berbagai negara ini, menjadi perhatian utama Pemkot Palembang sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk mensiarkan hasil pertandingan olahraga nantinya.

Pelaksana harian (Plh) Walikota Palembang Harobin Mastofa memastikan media center yang menempati gedung Sriwijjaya Promotion Center (SPC) ini sudah siap digunakan.

“Kota Palembang komitmen dan konsisten untuk mendukung Asian Games 2018. Seluruh OPD terkait sudah diperintahkan untuk mempersiapkan Media Center di SPC, hingga tenggat waktu Jumat nanti,” ujar Harobin, Senin (30/7/2018) disela-sela rapat koordinasi dengan Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar.

Sejumlah kebutuhan pokok untuk menunjang Media Center, pihaknya telah memastikan pasokan listrik, air bersih, keamanan dan kenyaman tempat jurnalis berbagai media ini berkumpul telah dirampungkan sebelum batas akhir Jumat (3/8/2018) mendatang.

“Fasilitas toilet dan ketersediaan pasokan air bersih saya serahkan tangung jawab sepenuhnya kepada Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang,” tegasnya.

Bahkan, kata Harobin, juga akan mengerahkan petugas untuk melakukan gotong royong kebersihan di lokasi SPC.

Sementara itu, Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar menegaskan, menyiapkan PSC merupakan tangung jawab bersama dan membutuhkan dukungan dari seluruh instansi.

“Ini event internasional yang membawa nama harum bangsa. Hari ini kita rapatkan untuk mempersiapkan seluruh fasilitas, dan checking terakhir akan dilakukan Jumat (3/8),” ujarnya.

Pada rapat tersebut diketahui, dibutuhkan sekitar 80 orang tenaga teknis khusus untuk menjaga kebersihan gedung.

Dan juga diperlukan pengamanan 30 orang per shift yang terdiri dari Polri, TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Diketahui juga PLN akan menyiapkan travo 400KVH untuk menjaga pasokan listrik di SPC. Selain itu pihak PLN berjanji akan membackup genset, dan UPS di lokasi tersebut.

“Kita jamin tidak akan berkedip walaupun listrik padam,” ujar Joni, manajer area Palembang PT PLN.

Sedangkan Direktur PDAM Tirta Musi Andi Wijaya berjanji, pihaknya akan mensupport pasokan air 50 liter per detik ke fasilitas Asian Games.

Dirinya yakin, pasokan tersebut akan lebih dari cukup untuk mensupport Asian Games