Palembang - Empat dari lima bus air bantuan dari Kementerian Perhubungan RI, Minggu (8/7/2018) bersandar sementara di dermaga Pelabuhan Kertapati Palembang.

Bantuan bus air itu nantinya akan digunakan untuk menunjang kepariwisataan Sungai Musi guna mensuskseskan perhelalatan akbar Asian Games Agustus mendatang.

Walikota Palembang, Harnojoyo melalui Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang, Kurniawan menerangkan, empat bus air yang datang hari ini, dikirimkan Kemenhub kepada untuk Pemkot Palembang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin.

“Ada lima bus air yang kita usulkan Walikota Palembang, H. Harnojoyo, hari ini datang empat satunya datang lagi tanggal 15 Juli,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikannya, nantinya selama Asian Games, bus akan difungsikan sebagai kapal patroli sekaligus sarana transportasi keterpaduan intermoda antara jalur udara, Light Rail Transit, Bus Rapid Transit (BRT) Transmusi dan angkutan sungai.

Dimana, kelima bus air tersebut, diperuntukkan tiga untuk Pemkot Palembang, satu untuk Pemerintah Provinsi Sumsel dan satu untuk Kabupaten Banyuasin. Itu akan diberikan usai perhelatan Asian Games.

“Nanti ini dioperasionalkan oleh operator petugas Dishub Kota Palembang, Pemerintah Provinsi Sumsel dan Banyuasin,” ujarnya.

Setelah Asian Games, nanti tiga kapal akan dioperasionalkan untuk sarana operasional wisata air yang saat ini terus digalakkan Walikota Palembang, H. Harnojoyo.

Dan nantinya bus air yang untuk Kota Palembang akan diserahkan dan dioprasionalkan oleh BUMD SP2J (Sarana Pembangunan Palembang Jaya) untuk melayani masyarakat Palembang.

“Bantuan kapal ini sudah lama kita ajukan. alhamdulillah hari ini sampai di dermaga Kertapati dekat stasiun Kereta Api Kertapai. Meskipun harus dibagi dengan Kabupaten Banyuasin dan Pemerintah Provinsi kami cukup senang dengan kedatangan bus air ini,” tandasnya