Palembang - Peran para veteran pejuang, yang sudah meninggal maupun belum, dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, tak bisa diabaikan. Mereka dengan semangat baja, mengorbankan harta, darah bahkan nyawa.

“Semangat mereka ini yang patut kita teladani. Kita harus belajar dari semangat para pejuang. Mereka berjuang dan berkorban tanpa pamrih,” ujar Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Palembang, Sulaiman Amin didampingi Asisten Adminstrasi Umum Setda Palembang, Agus Kelana, usai acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Setya Siguntang, Jalan Sudirman, Senin (21/5/2018).

Tugas generasi penerus saat ini, kata Sulaiman, hanyalah mengisi kemerdekaan dengan bekerja sebaik-baiknya, memberikan yang terbaik baik bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Dengan cara ini kita memaknai peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-110 tahun ini,” kata Sulaiman pula.

Peringatan Harkitnas di TMP Kastria Setya Siguntang, ini diawali dengan upacara singkat penghormatan kepada para pahlawan.

Dilanjutkan dengan peletakan dua karangan bunga di Tugu Makam Pahlawan oleh Sulaiman Amin dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang, Yanurpan Yany.

Setelah itu pembacaan doa dan dilanjutkan dengan penaburan bunga ke makam para pahlawan.