Palembang - Pemerintah Kota Palembang terus mengembangkan kawasan Seberang Ulu menjadi kota baru terpadu. ”Sekarang untuk pengembangan kawasan ini sudah masuk tahap penyusunan master plan, yang dilakukan pemerintah pusat, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kota Palembang, Harrey Hadi, Senin (16/4/2018).

Tujuan program tersebut untuk membangun kota masa depan yang layak huni, hijau dan cerdas.

Itu terlihat dari pembangunan fisik yang akan dikembangkan, keunggulan ekonomi masyarakatnya, kebudayaan lokal, keterkaitan individunya serta manfaat dalam kota itu sendiri.

“Isinya revitalisasi dan pengembangan kota yang berlokasi di Ulu. Ini merupakan salah satu cara mengatasi ketimpangan pembangunan antara Ulu dan Ilir.

Harrey mengungkapkan, pembangunan yang direncanakan dimulai pada 2019 ini sebelumnya digagas di masa wali kota Palembang dijabat Harnojoyo.

“Ground breakingnya tahun depan,” ujar Harrey.

Ia menyebutkan, sejauh ini Pemkot Palembang telah melakukan penataan tata ruang, melalui pemekaran kecamatan.

Pembangunan infrastruktur telah pula dilaksanakan. Termasuk perbaikan jalan, drainase, pedestrian, air minum, ruang terbuka hijau dan lainnya.

“Nantinya, kawasan kota baru mengusung tema sport, tourism dan heritage,” kata Harrey