Palembang - Pejabat sementara (Pjs) Walikota Palembang Akhmad Najib, Senin (19/3/2018) pagi, meninjau sisa galian yang tersebar di jalan utama di Kota Palembang.

Belum rapinya sejumlah proyek pemasangan pipa jaringan gas milik Pertamina Gas (Pertagas) dan penanaman kabel milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di jalan Demang Lebar Daun dan jalan Letjen Harun Sohar membuat orang nomor satu di Kota Palembang ini gerah.

“Kalau kondisinya masih seperti ini, kalau hujan dipastikan menyebabkan becek dan kotor. Saya sudah banyak menerima komplain dari masyarakat terkait galian kabel yang belum dirapikan kembali,” tegas Akhmad Najib.

Terlebih Kota Palembang yang tidak lama lagi akan menjadi tuan rumah perhelatan olahraga Asian Games, meski pemasangan jaringan pipa untuk kepentingan masyarakat banyak dan untuk kepentingan Asian Games nanti, seharusnya selesai pengerjaan sisa galian harus di rapikan dan dikembalikan seperti semula.

“Kita mintakan dalam satu bulan ini, sisa galian sudah dirapikan, dan bahu jalan yang rusak sudah dikembalikan seperti asalnya,” tegasnya.

Ditegaskan, Najib lagi, pihaknya memberikan batas waktu perbaikan bahu jalan tersebut satu bulan kedepan.

“Kita deadline hingga April nanti, kalau tidak juga dilakukan perbaikan izinnya bisa saja kita cabut,” tegasnya.

Untuk memastikan jalan sudah kembali seperti semula, diungkapkan Najib, dirinya akan melakukan pemantauan sendiri bersama dinas terkait setiap harinya.

“Tidak usah menunggu satu bulan, satu minggu sekali atau setiap hari akan kita cek, memastikan kalau jalan tersebut sudah dilakukan perbaikan,” katanya.

Sementara itu, Supervisor Conserium Trekin Wahana pihak dari Pertagas Riko menyambut baik dengan adanya inpeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan tersebut.

Pihaknya, kata Riko akan menuruti tuntutan Pemkot Palembang untuk mengembalikan kondisi bahu jalan yang dirusak untuk kembali seperti semula.

“Akhir April ini sudah akan kita lakukan perbaikan,” kata Riko.

Pihaknya memastikan pemasangan jaringan pipa gas sepanjang 25 Km dari 175 Km di Kota Palembang ini akan rampung dalam waktu dekat.

“Pengerjaan ini kita lakukan dua shif, jadi akhir April ini sudah selesai, dan perbaikan jalan juga akan diberlakukan dua shif untuk disepanjang dari KM 12 hingga Pusri tersebut.

“Setiap pengerjaan kita lakukan malamnya ada tim cleaning untuk membersihkan jalan,” tegasnya.