Palembang - Ratusan orang pengunjung Kambang Iwak (KI) Minggu (12/3/2018) pagi, yang akan melaksanakan senam sehat, jalan santai turut berpartisipasi dalam Hari Peduli Sampah dengan cara melakukan aksi moral memunggut sampah di jalan.

Kegiatan yang langsung di pimpin Pejabat sementara (Pjs) Walikota Palembang Akhmad Najib yang juga dihadiri Dirjen Pengelolahan Sampah Limbah B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia ( RI) Rosa Vivin Ratnawati didampingi Duta Lingkungan Hidup Marcela Zalianti ini menjadi warna tersendiri.

Dirjen Pengelolaan Sampah Limbah Be Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Rosa Vivin Ratnawati mengatakan, Hari Peduli Sampah tahun ini mengusung tema “ Sayang Bumi, Bersihkan dari Sampah”.
“Dengan tema ini dan dengan #bersihbisakok diharapkan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap sampah, menjaga lingkungan” ungkap Rosa.

Dalam kegiatan Hari Peduli Sampah ini juga dilakukan talkshow peduli sampah dengan menghadirkan narasumber Marcela Zalianti.

Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam memerangi sampah selama ini, mendapat apresiasi dari pihak Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

“Kami lihat Palembang sudah bersih, masyarakatnya juga sudah peduli terhadap lingkungan, tadi sepanjang jalan nyaris tidak menemukan sampah, ini harus terus dijaga,” kata Rosa.

Sementara itu, Pejabat sementara (Pjs) Walikota Palembang Akhmad Najib mengatakan, sebagai tuan rumah Asian Games , Palembang harus bersih, oleh karena itu semua stakeholder harus terlibat dalam penanganan sampah.

“Tugas yang paling berat itu bagaimana membangun kesadaran masyarakat untuk peduli sampah, percuma segala upaya Pemerintah lakukan, kalau masyarakatnya tidak punya kepedulian,” ungkap Akhmad Najib.

Akhmad Najib mengatakan, Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Palembang dalam upaya melakukan penyadaran terhadap masyarakat.

“Semenjak kepemimpinan Pak Harnojoyo yang lalu, digalakkan gerakan gotong royong setiap minggu pagi di seluruh kelurahan Palembang, hal ini dilakukan untuk menyadarkan masyarakat terkait sampah,” jelas Najib