Palembang - Kondisi Kota Palembang yang kondusif dan Komitmen yang kuat dari Walikota Harnojoyo mejadi pilihan investor asal Belanda Althur Van de full, CEO City Beacon, menjadikan kota ini sebagai kota percontohan sistem informasi berbasis Informasi Teknologi (IT) yang akan diterapkan.

Bahkan, Palembang jadi kota pertama di Asia Pasifik yang menerapkan City Beacon, setelah sukses di Belanda dan sebagian negara Eropa.

Walikota Palembang Harnojoyo menyambut baik apa yang dipaparkan dan rencana CEO City Beacon di Palembang.

Dimana, dari hasil paparan yang disampaikan hari ini, Selasa (6/2/18), tentu akan menjadikan Palembang sebagai Kota terdepan dalam penerapan sistem informasi yang terintegrasi.

“Alat ini tentunya bisa membuat kota Palembang menjadi lebih maju lagi,” ulasnya.

Harnojoyo berharap nantinya semua akan terintegrasi dalam satu tempat yang canggih. Karena, dengan adanya alat city beacon ini nantinya semua aktivitas yang ada di Palembang bisa terpantau, mulai dari kebersihan kota, keamanan bahkan sampai anak hilang.

“Dengan adanya teknolgi canggih seperti ini maka diharapkan dalam ikut mensukseskan event Asian Games mendatang,” harapnya.

Sementara itu, CEO City Beacon, Althur Van de full, menyampaikan, sebagai kota yang memiliki komitmen kuat terhadap pengembangan sistem informasi berbasis IT, Palembang terpilih untuk investasi pembangunan sistem City Beacon.

Dimana, situasi Kota Palembang yang kondusif menjadi alasan, untuk mendatangkan sebanyak 100 unit alat yang berbentuk tower yang nantinya di pasang di beberapa titik di tengah kota palembang.

“Nantinya alat ini bisa digunakan untuk kebutuhan palembang. Dimana, platform ini akan menjadi alat pintar yang dapat digunakan masyarakat Palembang dan wisatawan dalam menjelajahi Kota Palembang,” jelasnya.

Pembangunan yang rencananya akan dibangun pada bulan Agustus, akan menjadi sistem informasi yang dapat juga digunakan saat pelaksanaan Asian Games mendatang.

“Ini merupakan platform yang dapat mengintegrasikan berbagai kebutuhan di Kota Palembang. Tower City Beacon ini akan ada 30 sensor dan alat ini juga mencegah terlalu banyaknya alat yang di pasang di beberapa ruang jalan palembang.jadi dengan adanya tower ini maka alat yang di pasang hanya satu tapi bisa mencangkut semuanya,” sampainya.

City Beacon ini sudah diterapkan di berbagai negara maju di Eropa, seperti Belanda, Italia, Perancis, Belgia dan Amerika.

“Palembang jadi kota pertama di Asia Pasifik. Banyak kota lain seperti Surabaya termasuk di Malaysia yang meminta agar alat ini dapat dipasang. Namun kami ingin Palembang jadi kota percontohan pertama,” tandasnya