Palembang - Pemerintah Kota Palembang (Pemkot) melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Palembang meraih penghargaan Keterbukaan Informasi Publik tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2017.

Pemberian penghargaan yang dilangsungkan Jumat (8/12/2017) malam di Griya Agung Palembang, penghargaan tersebut langsung diserahkan Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin kepada Kepala Diskominfo Kota Palembang Kepala Diskominfo Kota Palembang Drs H. M Yanurpan Yani MM.

“Kepada kabupaten dan kota yang telah mendapatkan penghargaan atas keterbukaan informasi publik tersebut saya ucapkan selamat kepada tiga daerah tersebut,” kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Penghargaan yang hanya diterima tiga kabupaten/ kota ini, Kota Palembang berada di posisi urutan kedua setelah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), dengan nilai 820 untuk Pemkab Muna, 810 Kota Palembang, dan nilai 800 untuk Kabupaten Muaraenim.

“Mudah -mudahan dengan adanya ajang ini yang di dasari Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008, memiliki peran yang sangat penting ini harus wajib dijalankan oleh semua Kabupaten dan Kota di Sumsel,” tegas Alex.

Meski di era keterbukaan informasi publik, harus tetap ada batasannya, jangan sampai kebabalasan.Dalam hal ini harus bisa memilah-milah informasi apa yang boleh keluarkan, semua wajib berikan tentunya asal sudah tepat waktunya.

“Kalau perlu kita lakukan satu tahun dua kali untuk kegiatan ini,”katanya kembali.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo Kota Palembang
Drs H. M Yanurpan Yani MM.,mengatakan, sebagai pemberi informasi tentunya Pemkot Palembang harus terbuka dalam memberikan informasi yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat.

Terlebih saat ini Kota Palembang menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games ,tentynya informasi seputaran pembangunan dan program Pemkot harus diketahui oleh masyarakat.

“Tentunya apa yang telah dikatakan Bapak Gubernur tadi semuanya wajib di beritahukan, asal semua itu harus tepat waktunya. Ya dengan meraihnya Kota Palembang dalam kategori keterbukaan informasi public se Kota dan Kabupaten alhamdulilah kita meraih juara ke dua setelah Kabupaten Musi Banyuasin. Insyak allah tahun depan kita bisa lebih baik lagi,”tutupnya.