Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus berkomitmen untuk menjaga kebersihan sungai dengan cara gotong royong setiap minggunya.

Gotong royong membersihkan anak sungai, saluran air dan lingkungan yang telah dilakukan lebih kurang selama tiga tahun ini, sebagi langkah mengedukasi masyarakat akan pentingnya kebersihan sungai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Harobin Mustafa mengatakan, tidak mudah merubah pola masyarakat yang cenderung membuang sampah kedalam sungai.

“Masih ada anak sungai yang ditimbun sampah yang menyebabkan pedangkalan,” katanya saat memimpin gotong royong di jalan Slamet Riyadi, Kelurahan 11 Ilir Kecamatan Ilir Timur (IT) III, Minggu (3/12/2017).

Untuk itu, kata Harobin perlu adanya terobosan baru dari perangkat pemerintah seperti camat dan lurah yang harus mampu mengerakan rukun tetangga ( RT) yang tersebar di 107 kelurahan yang ada.

“Merubah pola hidup sehat dengan lingkungan dan sungai yang bersih ini yang masih menjadi tantangan,” tegasnya.

Seharusnya masyarakat harus bisa bersinergi dengan pemerintah yang turut aktif menjaga kebersihan, sebagai tolak ukur banyaknya penghargaan tingkat nasional yang diperoleh Kota Palembang termasuk penghargaan di bidang lingkungan yang belum lama ini yang diperoleh Palembang.

“RT harus terlibat langsung untuk mengedukasi warganya akan pentingnya kebersihan sungai,” ajakanya