Palembang - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyelenggarakan Kegiatan “Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) Tahun 2017”. Kegiatan ini diselenggarakan di Palembang Sumatera Selatan mulai tanggal 22 November 2017.

Direktur Kemitraan Komunikasi Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Dedet Surya Nandika dalam konferensi pres menyampaikan  melalui kegiatan ini diharapkan Pemerintah Pusat, Pemda Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota dapat bersinergi dengan masyarakat untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pembangunan bidang Kominfo yang semakin harmonis.

Disampaikan Dedet tujuan diselenggarakannya kegiatan SAIK adalah untuk:

  1. Mewujudkan tata informasi nasional melalui pengembangan dan pembangunan komunikasi dan informatika yang terintegrasi.
  2. Meningkatkan integrasi dan koordinasi Kominfo dengan Pemda provinsi dan kabupaten/kota dalam pembangunan/pengembangan komunikasi dan informatika.
  3. Mendorong pembangunan komunikasi dan informatika yang dilaksanakan secara bergiliran di daerah.
  4. Melaksanakan evaluasi tentang pengembangan/pembangunan komunikasi dan informatika.

Kegiatan ini dihadiri peserta dari seluruh Indonesia baik tingkat Kementerian dan Lembaga, humas/Komunikasi dan Informatika Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra), Blogger dan Netizen, serta masyarakat umum.

Sementara wakil ketua Forum Bakohumas Pusat, Masrokhan menyampaikan adapun jenis kegiatan yang dilaksanakan dalam Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik Tahun 2017 ini meliputi :

  1. Forum Bakohumas.
  2. Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).
  3. Festival Kelompok Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional.
  4. Temu Blogger.
  5. Pameran produk Humas, KIM, produk teknologi informasi dan komunikasi, serta pos dan telekomunikasi (postel).

Melalui SAIK Tahun 2017 diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap pembangunan nasional tekait kemajuan Indonesia, termasuk perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekaligus pemanfaatannya guna meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia pada umumnya dan masyarakat pedesaan pada khususnya. Selain itu, SAIK 2017 juga dapat menjadi tuan rumah Asian Games 2018, serta menjaga budaya nusantara melalui penampilan seni pertunjukan tradisional.

“SAIK 2017 sangat strategis karena berkumpulnya humas se Indonesia sehingga nilai positifnya bisa memberikan masukan kepada negara serta penghargaan bakohumas memberikan energi kepada rekan humas sejauh mana telah berpartisipasi dalam pembangunan selain itu diharapkan kegiatan ini dapat ikut mensukseskan even besar Asian Games yang merupakan Energy Of Asia”, pungkas Masrokhan kepada media , Selasa (21/11).

Pada akhirnya kegiatan dimaksud berdampak positif terhadap upaya pencapaian masyarakat inforamsi yang maju, modern, dan sejahtera. Selain itu juga sebagai wadah untuk mencari solusi atas berbagai kendala yang dialami Pemerintah Daerah di bidang komunikasi dan informatika sebagai implementasi dari pelaksanaan kewenangan Kominfo sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Kepala Dinas Kominfo Prov. Sumsel, Farhat Syukri menyampaikan diharapkan akan memberikan ruang bagi masyarakat tentang kinerja kehumasan di Sumsel dan Seluruh Indonesia.

“Kita berharap kegiatan mampu memberikan nilai positif dan energy bagi Bakohumas dan juga KIM, FK. Metra  yang ada di Sumsel”. Ujar Farhat.

 

Sumber : http://sumselprov.go.id