Palembang - Walikota Palembang, H Harnojoyo mengajak masyarakat, khusnya para pelaku kesenian dan kebudayaan di Palembang, untuk dapat membangkitkan kembali kebudayaan Palembang.

Tujuanya, jangan sampai kebudayaan di negara ini pudar dan diambil oleh negara lain.

“Mari kita bangkitkan lagi kebudayaan kita. Karena sekarang ini negara tetangga sudah banyak mencaplok,” katanya.

Melalui pemberian penghargaan Tokoh Peduli Kebudayaan Tahun 2017, orang nomor satu di Kota Palembang ini mengajak untuk menggelorakan lagi kebudyaan asli Indonesia.

“Mari kita gelorakan dan semangati lagi budaya yang tentu menjadi modal bagi kita, dalam rangka menata dan memajukan Kota Palembang kedepan, ” katanya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Sumsel, Herlan Asfiuddin mengapresiasi apa yang dilakukan Pemerintah Kota Palembang.

Dimana, melalui kegiatan yang dilaksankan tersebut membuktikan bahwa pimpinan Kota Palembang saat ini sangat peduli dengan para pelaku kesenian dan kebudayaan.

“Ini menjadi motivasi agar kedepan kebudayaan benar-benar menjadi motor penggerak pariwisata di Palembang,” katanya.

Hal serupa disampaikan salah satu tokoh Tionghoa, Kurmin, yang merasa telah diperhatikan oleh Walikota Palembang, Harnojoyo.

Kurmin berharap, kedepan Palembang memiliki kebudayaan yang menonjol. Karena selama ini, belum ada kebudayaan yang dapat ditonjolkan. Padahal, Sriwijaya kuat dengan kebudayaan melayu dan tionghoa-nya yang dapat menjadi nilai jual tinggi terhadap sektor pariwisata.

“Kita berharap saat datang ke Palembang wisatawan dapat menyaksikan pertunjukkan khas daerah,” katanya.