Palembang - Ditengah keramaian pengunjung yang tengah asyik menikmati pertunjukan seni dan budaya dikawasan Pedestrian Sudirman,Sabtu (4/11/2017) malam, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Palembang melakukan aksi moral pemungutan sampah.

Polisi penegak peraturan daerah (Perda) dengan berpakaian lengkap atribut yang menempel di seragamnya ini terlihat membersihkan gelas plastik, bungkusan plastik yang berserakan dijalan.

“Malam ini dan seterusnya petugas (Pol PP) kita membawa kantong plastik untuk menjaga kebersihan kawasan Pedestrian Sudirman,” kata Kasat Pol PP Kota Palembang Alex Fernandus.

Tahap awal, katanya 100 kantong plastik dibawah petugasnya yang berkeliling dilokasi wisata malam, sambil memungut sampah.

“Ini gerakan moral untuk mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan terlebih kawasan Sudirman,” ajak Alex.

Bersih bersih sekaligus sosialisasi program Walikota Palembang H. Harnojoyo ini agar tetap menjaga lingkungan selalu bersih. Bersih-bersih Pedestrian Sudirman ini juga melibatkan peranan pengunjung dan pedagang yang ada di Pedestrian Sudirman.

“Kita mengajak pengunjung sadar akan kebersihan,” katanya.

Berbeda dengan pedagang yang ada dikawasan Pedestrian Sudirman, mereka mempunyai peranan penting menjaga kebersihan dilokasi dagangannya dengan cara menyediakan tempat sampah.

“Kalau pedagang yang tidak mengindahkan kebersihan dan membiarkan tempat dagangannya kotor penuh dengan sampah mereka tidak boleh lagi berdagang,” tegas Alex.