Palembang - Warga Palembang sejak pagi hingga sore memadati perairan sungai musi tepatnya di kawasan Benteng kuto besak (BKB). BKB lebih ramai dari biasanya pada sabtu (28/10), sungai musi dihiasi oleh perahu hias dan bidar,dalam rangka lomba bidar dan perahu hias.

Lomba yang dimulai sejak pukul 09.00 Wib ini dipenuhi masyarakat yang ingin menyaksikan tradisi tahunan tersebut, bahkan masyarakat yang hadir ada yang dari luar Palembang. 

Walikota Palembang H. Harnojoyo melepas secara langsung babak final lomba bidar di kawasan Benteng Kuto Besak, dan menyerahkan hadiah secara simbolis kepada para pemenang.

Harnojoyo mengungkapkan lomba bidar dan perahu hias ini merupakan tradisi yang harus terus dilestarikan. 

"Ini tradisi tahunan, harus terus kita lestarikan, selain menjadi hiburan, lomba bidar dan perahu hias juga mengandung makna sejarah Palembang pada masa kerajaan sriwijaya" Ungkap Harnojoyo. 

Lebih lanjut Harnojoyo berharap event ini dapat mendongkrak wisatawan yang akan berkunjung ke Palembang. 

"Lomba bidar yang hanya ada di Palembang, dapat menarik wisatawan, dan akan berdampak bagi kemajuan ekonomi Palembang" Ujar Harnojoyo. 

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani menjelaskan, lomba perahu bidar dan perahu hias merupakan tradisi tahunan. 

"Biasanya dilaksanakan pada 17 Agustus, namun berhubung 17 agustus yang lalu bertepatan dengan persiapan acara cown down Asian Games di BKB, sehingga kita ganti dengan hari ini bertepatan dengan hari sumpah pemuda " Jelas Isnaini

Walikota Palembang H. Harnojoyo melepas secara langsung babak final lomba bidar di kawasan Benteng Kuto Besak, dan menyerahkan hadiah secara simbolis kepada para pemenang.

Berikut daftar pemenag lomba bidar:

Juara I : Tim Kabupaten Ogan Ilir

Juara II : Tim Giri Ramanda Kemas

Juara III : Tim Pertamina 

Juara Harapan : Tim KKP. 

Pemenang lomba perahu hias kategori OPD/Instansi/BUMN/BUMD :

Juara I : PDAM Tirta Musi

Juara II : Dinas PU PR kota Palembang 

juara III : Bank Sumselbabel

Juara Harapan : Dinas Pendidikan Kota Palembang .

Kategori Kecamatan :

Juara I : Kalidoni dan Ilir Timur II

Juara II : Bukit Kecil dan Kemuning

Juara III : Sako dan Semarang Borang

Juara Harapan : Ilir Barat I dan Alang-alang Lebar.