Palembang - Setidaknya ada 16 puskesmas di Palembang yang mendapatkan penilaian dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) guna pencapaian akreditasi. Dimana penilaian telah dilakukan dengan cara bertahap sejak bulan lalu. Umumnya, puskesmas yang dilakukan penilaian akreditasi ini, yang sudah mengantongi ISO 9001:2008. Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia mengatakan, upaya ini dilakukan agar Fasilitas Kesehatan (faskes) tingkat pertama ini bisa berfungai maksimal sebagai pelayanan kesehatan.

“Agustus lalu yang sudah diberikan penilaian ada delapan yaitu Puskesmas Bukit Sangkal, Kalidoni, Basuki Rahmat, Kampus, Gandus, Ariodillah, Skip dan Pakjo,” katanya, Selasa (12/9).
 
Delapan puskesmas lagi yang saat ini dengan berlangsung yaitu di Puskesmas 7 Ulu, kemudian akan dilanjutkan di Taman Bacaan, Punti Kayu, Boom Baru, Talang Ratu, Sako, 5 Ilir dan Naga Sewidak. “Setelah penilaian hasilnya kemungkinan akan keluar di akhir tahun,” imbuhnya.
 
Ia mengatakan, pada penilaian akreditasi Kemenkes ini ada beberapa hal yang dinilai, seperti administrasi, pelayanan kesehatan masyarakat dan kesehatan pribadi. Ke-16 puskesmas ini harus memenuhi beberapa kreteria penilaian sehingga bisa dikatakan lulus akreditasi.
 
“Ada empat kreteria yaitu tingkat dasar, madya, utama dan paripurna. Mereka harus mendapatkan nilai bagus agar menduduki salah satu diantara kreteria itu,” katanya.
 
Ditambahkannya, penilaian dilakukan dengan standar puskesmas dan kesesuaian proses yang dilakukan. Pemberian akreditasi dilakukan terhadap puskesmas dan klinik sesuai dengan standar yang ditetapkan. "Akreditasi ini tidak lain menjadi acuan rujukan dan upaya peningkatan mutu bagi puskesmas dalam melayani masyarakat," pungkasnya.