Palembang - Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda mengapresiasi ajang pemilihan guru terfavorit tingkat SMP di Kota Palembang yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Palembang bekerjasama dengan salah satu perusahaan media di Palembang. Melalui kegiatan itu diharapkan dapat memotivasi guru untuk lebih berkualitas.

"Mudah-mudahan acara ini dapat menambah pengetahuan dan memotivasi yang lain, terutama guru-guru untuk bisa mendidik anak lebih baik, dengan metode yang lebih ramah dan cerdas," kata Fitri disela-sela acara Grand Final Lomba Guru Favorit dan Jurnlistik Pelajar SMP Kota Palembang, Selasa (12/9).
 
Menurutnya, mengajar bukan persoalan gampang, selain harus menguasai materi, guru juga harus mempu menguasai kelas. Terkadang murid akan merasa bosan, jika cara guru menyampaikan meteri kurang menarik bagi siswa. 
 
"Kalau guru punya metode mengajar yang lebih baik, mungkin sambil bernyanyi, bermain dan lainnya, tentu itu lebih menyenangkan bagi anak.  Pola pengasuhan anak-anak memang harus bergeser menjadi lebih nyaman," jelasnya. 
 
Sehingga setiap guru harus berpacu  untuk berfikir lebih kreatif dan inovatif, sebab dengan hal itu  tantangan dunia pendidikan akan terjawab, terlebih di era globalisasi ini.
 
Tak heran, sambung Fitri, apabila penilaian anak-anak terhadap  guru favorit adalah guru yang humoris, cerdas, disiplin dan ramah, bukanlah guru yang diktator yang suka marah-marah. 
"Kalau guru yang suka marah-marah sudah lewat masanya," ucapnya.
 
Karena untuk memotivasi para guru, pemenang lomba ini berkesempatan menikmati serunya jalan-jalan ke Singapura dan Malaysia.
 
"Nanti akan dipilih enam orang guru,  yakni tiga pemenang guru favorit, dan tiga  lagi juara harapan. Dan hadiahnya nanti akan diberangkatkan ke Singapura dan Malaysia.