Palembang - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) sedang berusaha memperbaiki kembali pompa yang sudah tidak berfungsi.

Kepala Dinas PU PR, Saiful mengatakan, ada tujuh pompa yang dimiliki Palembang saat ini, yang berada diantaranya di Kolam Retensi IBA, Anak Sungai Bendung, Veteran dan Angkatan 45. Dimana diantaranya ada tiga yang tidak berfungsi yakni dua di Angkatan 45 dan satunya lagi ada di Sungai Bendung.
 
"Ini kita sedang mengupayakan perbaikan pompa yang di Angkatan 45, sebab ini sudah lama tidak lagi berfungsi. Minimal bakal difungsikan satu dulu. Kalau untuk di anak Sungai Bendung itu memang sudah bisa dipake lagi," ungkapnya, Jum'at.
 
Dijelaskan Saiful, perbaikan pompa yang ada di Angkatan 45 ini dinilai mendesak, mengingat akan dilakukan penataan terhadap Sungai Sekanak. "Ini juga untuk memaksimalkan penataan Sungai Sekanak," imbuhnya.
 
Bukan itu saja, sambungnya, Pemkot juga kini tengah melakukan pembangunan 6 pipa di kawasan muara Sungai Bendung yang bersistem sungai bendung. Rencananya disana akan dibangu sekitar 6 pompa dengan debut air sekitar 6000/liter perdetik.
 
"Saluran anak sekunder terus kita upayakan perbaikannya. Seperti kita ketahui kan, pertumbuhan daerah di Palembang yang sekelas metropolitan ini kan kian meningkat, ini berdampak pada resapan air yang berkurang karena banyaknya hunian. Oleh sebab itulah potensi banjir terutama di darrah rawa yang ditimbun dan padat penduduk itu sangat besar. Hujan sedikit bisa langsung tergenang," terangnya.
 
Ia menambahkan, Pemkto sendiri sebenarnya  sudah lama mencanangkan pemeliharaan untuk pompa-pompa tersebut agar berfungsi dengan baik melalui CSR. "Mudah2an sampe bulan Juni 2018 mendatang Palembangn sudah bebas banjir," pungkasnya.