Palembang - Pemerintah Kota Palembang terus berbenah memperbaiki sektor pariwisata. Sejalan dengan itu ditargetkan 2,1 juta orang Wisatawan Nusantara dan 12 ribu Wisatawan Mancanegara pada 2017 ini berkunjung ke kota pempek ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani menyebutkan tahun lalu ada sebanyak 1,9 juta orang wisatawan nusantara dan sebanyak 9 ribuan wisatawan mancanegara yang datang ke kota palembang. 
"Target tahun ini lebih meningkat dari tahun lalu yaitu kami menargetkan sebanyak 12 ribu wisatawan mancanegara dan 2,1 juta wisatawan nusantara bisa datang ke Kota Palembang di tahun ini untuk melihat destinasi wisata yang ada disini," jelasnya baru-baru ini.
 
Untuk mencapai itu, Pemerintah Kota Palembang pun menata dan manambah destinasi wisata, mulai dari pengecatan rumah rakit warna-warni di tepian sungai Musi, penataan Kampung Arab Al-Munawar, Kampung Kapiten, Bikit Siguntang, Sekanak Kerihin hingg beberapa objek wisata baru, seperti tugu belido yang dibangun dipelataran Benteng Kuto Besak dan atraksi seni, budaya dan kuliner di Pedestrian Sudirman setiap Satu-Minggu malam.
 
 "Salah satu strategi yang akan kami lakukan adalah memperbanyak destinasi wisata dan pestival, dan menata sejarah serta budaya Palembang," terangnya.
 
Lanjutnya, ada beberapa destinasi wisata yang akan dikunjungi oleh wisatawan seperti destinasi sungai musi, pendestrian sudirman, lorong basah, plaza BKB, air terjun ampera, air mancur menari yang berada di sungai musi, monpera kreatif corner, dan taman sky park. 
 
"Selain itu kami juga akan meminta jam operasional museum di Palembang bisa di buka sampai malam," tegasnya.
Maka semakin banyaknya destinasi Palembang, akan mengundang wisatawan lebih banyak lagi. Hal ini tentu dapat menguntungkan terutama dari segi ekonomi. "Kalau tempat wisata hidup, dapat meningkatkan ekonomi, terutama masyarakat sekitar, bisa berjualan oleh-oleh, makanan, sewa penginapan hingga juru parkir," terangnya.
 
 "Selain itu Palembang juga ada paket wisata musi tour yang akan mengunjungi kawasan bangunan religi seperti masjid. dan tambahan paket kuliner dan belanja di satu hari penuh," katanya.
 
Wisatawan asing memiliki tujuan wisata berbesa-beda seperti wisatawan asal malaysia lebih banyak memilih untuk berbelanja di pasar 16 Ilir dan kawasan songket di Suro, Sedangkan asal Singapura lebih banyak menghabiskan waktu untuk belanja dan wisatawan cina lebih memilih mengunjungi wisata Kelenteng yang berada di 10 Ulu, Kampung Kapitan dan Pulau Kemaro.
 
"Wisatawan yang paling banyak datang ke kota palembang adalah wisatawan dari negara Malaysia, cina dan singapura," pungkasnya.