Palembang - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI) Agung Laksono, sangat mengapresiasi program Walikota Palembang H. Harnojoyo yang berhasil mengembalikan tradisi masyarakat Indonesia dengan cara bergotong royong.

Terlebih gotong royong yang dilakukan bertujuan ingin mengembalikan fungsi anak sungai yang ada di Kota Palembang.

Seperti kegiatan gotong royong yang dilaksanakan di aliran Sungai jalan Nurdin Pandji pada hari, Minggu (27/08/2017) kemarin.

Dimana, kegiatan yang dilaksanakan RT.02,03,04 Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Alang-alang (AAL) Palembang tersebut, mendapat suport penuh dari tokoh nasional tersebut.

“Gotong royong adalah dasar negara kita. Jadi apa yang dilakukan Walikota sangat tepat untuk mengembalikan tradisi yang sudah hampir tidak terlihat di masyarakat,” jelasnya.

Agung berharap, apa yang dilakukan Walikota dan jajaran Pemerintahan Kota Palembang, mendapat dukungan dari masyarakat.

Karena, sambung Ketua Umum Pimpinan Kolelektif pusat (PPK) Kasgoro 1957 ini, kemerdekaan yang diraih Indonesia, berkat gotong royong seluruh masyarakat.

“Negara ini ada karena gotong royong. Jadi tradisi seperti ini memang seharusnya dipertahankan. Karena, melalui hal ini kita dapat menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tuturnya.

Kegiatan rutin gotong royong yang dilaksanakan di Palembang dengan melibatkan unsur pemerintahan ungkap Agung, sudah sejak lama jadi perhatiannya.

Dimana, politisi senior Partai Golkar ini, menyempatkan diri menghadiri gotong royong yang digelar Pemerintah Kota Palembang di Sungai Arofatuna tersebut.

“Saya kagum, tanpa rasa takut Walikota dan jajarannya memimpin langsung gotong royong dengan cara terjun langsung ke sungai. Jadi, banggalah memiliki pemimpin seperti Harnojoyo,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Harobin Mastofa, merasa senang dengan suport serta kehadiran dari pria yang sudah malang melintang menjabat jabatan penting di Pemerintahan Pusat tersebut.

Meski tanpa dihadiri Walikota yang berhalangan hadir, mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI ini tetap semangat bahkan sempat memberikan arahan langsung ke masyarakat dan pengurus Kosgoro.

“Ini suatu kehormatan, dan semoga ini menjadi semangat masyarakat untuk terus konsisten melaksanakan kegiatan gotong royong demi menjaga lingkungan,” ulasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dialakukan juga kegiatan penanaman pohon. Dimana, dalam sambutannya Agung berharap agar warga sekitar untuk selalu menjaga semangat gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.