Palembang - Kota Palembang sebagai salah satu tuan rumah Asian Games 2018 terus melakukan persiapan yang matang, selain fasilitas venue olahraga, fasilitas lainnya tidak luput dari perhatian, seperti fasilitas transportasi penunjang.

Walikota Palembang H. Harnojoyo terus berupaya melakukan inovasi guna mendapatkan mode transportasi terbaik untuk mendukung asian games, salah satunya transportasi air yang memanfaatkan keberadaan sungai musi. 
 
Gayung bersambut, gagasan Walikota ini mendapatkan respon yang positif dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat jamuan makan malam di riverside restoran, Jumat (27/8).
 
"Saya sudah sampaikan gagasan kami kepada bapak menteri untuk membantu mode transportasi penunjang di kawasan perairan dan juga mode transportasi yang tepat untuk penunjang LRT kita, Alhamdulillah Pak menteri merespon dengan baik, dan siap membantu" Ujar Harnojoyo. 
 
Komitmen Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk menyetujui usulan Walikota Palembang dipertegas saat acara dialog kerja bersama untuk bangsa yang digelar di Universitas Sriwijaya, Sabtu (26/8).
 
Saat Rektor Universitas Sriwijaya Anis Sagaf bertanya tentang mode transportasi yang dibutuhkan Palembang untuk menunjang keberadaan LRT, dengan meyakinkan Budi Karya Sumadi menjawab dirinya berjanji akan membantu 5 unit bus air dan juga membantu pembangunan halte intermoda, yaitu halte transit yang menghubungkan antara LRT dengan angkutan lainnya.
 
 
"Sesuai dengan usulan yang disampaikan oleh pak Walikota semalam, kita akan bantu Palembang yakni 5 bus air dan pembangunan halte intermoda, untuk menunjang pelaksanaan asian games " Terang Budi Karya sembari memberikan jawaban atas pertanyaan Anis Sagaf, Rektor Unsri. 
 
Dengan keberadaan bus air dan halte intermoda ini diyakini akan sangat membantu aktivitas atlet maupun official dalam menggunakan jasa transportasi selama perhelatan asian games di Palembang. Selain itu tentu memberi keuntungan kepada Palembang, karena kota Palembang kembali memiliki mode transportasi modern yang akan menunjang perekonomian masyarakat.