Palembang - Upaya mengurangi penganguran di metropolitan, Pemerintah Kota Palembang kembali membuka job fair 2017 di lantai IV Palembang Square Mall, Rabu (23/8). Pemeran kerja ini digelar sampai 25 Agustus 2017 mendatang.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan job fair ini merupakan wadah untuk memfasilitasi perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, dan  para pencari kerja (pencaker) membutuhkan kerja.
 
"Job fair ini cukup membantu perusahaan untuk mendapat tenaga kerja yang terbaik, dan  pencaker mendapat pekerjaan yang terbaik pula," ucapnya.
 
Disebutkan Harno, berdasarkan laporan dari Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang, peluang bekerja dari 40 perusahaan yang berpartisipasi dalam job fair 2017 ini ada 3075, sedangkan yang terdaftar baru diangka 2019. 
 
"Silangkan, kita tunggu sampai besok (job fair berlangsung), untuk menyampaikan minatnya pada perusahaan-perusahaan yang ada di sini," jelas dia.
 
Atas alasan itu, Harnojoyo yang membuka langsung acara tersebut berharap agar kegiatan seperti itu lebih sering dilaksanakan. "Kalau dilihat antusias banyak sekali, job fair yang setahun sekali, kami minta dua kali setahun. Sehingga terbuka kesempatan untuk pencaker," sebut Harno di sela-sela acara.
 
Meskipun demikian, ternyata dari catatan Badan Pusat Statistik angka penganguran di Kota Palembang mengalami penurunan. Pada Agustus 2016, tingkat penganguran di Palembang mencapai angka 6,5 persen, dan turun pada tahun berikutnya menjadi 3,9 persen.
 
Sementara Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Palembang, Edison, mengatakan tujuan job fair ini dilaksanakan untuk meningkatkan serapan kerja dan menyalurkan sumber daya manusia ke perusahaan."Kita memfasilitasi perusahaan untuk mendapat kandidat yang terbaik, begitu pun dengan  pencaker mendapat kesempatan mencari perusahaan terbaik. Dan di job fair ini terbuka  lowongan untuk tanaga kerja baru, berpengalaman, terampil hingga ahli," ungkapnya.Selain itu, melalui kegiatan ini dapat menjalin kerjasama yang baik antara Pemerintah Kota Palembang dengan perusahaan-perusahaan. Adapun kegiatan ini dilaksanakan tanpa dipungut biaya. 

 "Perusahaan perserta gratis sewa both yang dilengkapi dengan beberepa fasilitas termasuk pos kesehatan,  peserta juga kesempatan tes tertulis, wawancara jika dimungkinkan, dan pelayanan kartu kuning untuk pencaker," pungkasnya