Palembang - Untuk memastikan puskesmas memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat yang menderita penyaki menular, Wakil Walikota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda mendatangi beberapa puskesmas yang ada di Palembang, salah satunya Puskesmas Sukarami, Selasa (22/8). Menurut Fitri, saat ini pelayanan untuk penyakit menular seperti HIV/AIDS, TBC, Hepatitis sudah cukup baik.

"Ada ruangan khusus, sekarang untuk penderita seperti HIV bisa langsung ke Puskesmas untuk mendapatkan pengobatan,” kata dia.
 
Fitri menambahkan, masyarakat yang sedang sakit saat ini tidak perlu khawatir, karena Puskesmas dapat melayani 150 jenis penyakit. Sehingga, Puskesmas diharapkan tidak dengan cepat memberikan rujukan kepada pasiennya.
 
“Jika sakit ringan, masyarakat diharapkan tidak langsung ke rumah sakit, begitu juga sebaliknya pihak puskesmas tidak dengan cepat memberikan rujukan,” jelas Fitri. 
 
Sebagai wujud dalam meningkatkan pelayanan Puskesmas yang ada di Palembang kata Fitri, Pemkot Palembang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang akan menambah dokter spesialis di masing-masing kecamatan."Penambahan akan kita lakukan di semua puskesmas di masing-masing Kecamatan," katanya.
 
Penambahan dokter spesialis ini, menurut Fitri, perlu ada untuk peningkatan layanan di Puskesmas yang menjadi rujukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. "Perlu ada peningkatan pelayanan, termasuk menambah tenaga medis. Dengan adanya dokter spesialis, maka masyarakat tidak perlu lagi meminta rujukan ke Rumah Sakit (RS) untuk mendapatkan pelayanan dari dokter spesialis," tuturnya.
 
Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia mengungkapkan, layanan untuk penyakit menular di Puskesmas ini sudah dimanfaatkan masyarakat. “Ada dua rumah sakit, yakni RS Mohammad Husein dan RS RK Charitas. Kalau memang harus dirujuk, maka pasiennya akan dirujuk,” pungkasnya.