Palembang - Ada yang spesial pada kegiatan gotong royong yang diikuti Walikota Palembang kali ini. Pada kegiatan gotong royong yang dilaksanakan di kawasan tangga takat Kecamatan Seberang Ulu II ini, Walikota Palembang menerima penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia - Dunia (Leprid), Minggu (20/8).

Penghargaan yang diberikan ini sebagai apresiasi atas prestasi yang diraih Walikota Palembang utamanya dalam bidang ekonomi dan sosial. Penghargaan ini juga diserahkan dalam rangka hari kemanusian dunia tahun 2017.
 
Penghargaan diserahkan langsung oleh direktur utama LEPRID Paulus Pangka, SH kepada Walikota Palembang H. Harnojoyo, penghargaan yabg diserahkan dalam bentuk piala, piagam, medali, dan buku. 
 
Paulus Pangka menjelaskan penghargaan yang diberikan kepda Walikota Palembang ini sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang diraih Kota Palembang dibawah kepemimpinan H. Harnojoyo sebagai Walikota Palembang. 
 
"Indikator penialain kami diantaranya, pertumbuhan ekonomi di Palembang yang mencapai 14 persen, angka ini cukup tinggi, selain itu penghargaan juga diberikan atas keberhasilan Walikota Palembang dalam melakukan gerakan moral gotong royong setiap hari minggu yang sangat berpengaruh terhadap kebersihan sungai dan yang paling penting mampu memberi pengaruh terhadap perilaku masyarakat " terang Paulus Pangka. 
 
Lebih lanjut Paulus pangka mengatakan, penghargaan yang diberikan ini berdasarkan data yang diterima sejak oktober 2015 yang lalu sampai saat ini tetap konsisten. 
"Kami sudah sering mengikuti kegiatan lingkungan bersama kepala daerah, tapi baru di Palembang ini yang membuat kami kagum, jika yang lain kegiatan gotong royong mungkin hanya formalitas saja, tapi di Palembang pak Harnojoyo berhasil menjadikan gotong royong sebagai identitas di Palembang" Ujar Harnojoyo. 
 
Sementara itu Walikota Palembang mengaku sangat terharu dengan penghargaan yang diberikan kepada dirinya. 
 
"Sungguh kami terharu atas penghargaan ini, doakan kami selalu konsisten melaksanakan gotong royong ini, ini semua demi anak cucu kita agar merasakan lingkungan yang bersih " Ungkap Harnojoyo. 
 
Harnojoyo mengatakan penghargaan ini juga didekasikan kepada masyarakat Palembang dan juga Tagana Kota Palembang yang terus konsisten melaksanakan gotong royong. 
 
"Selama empat tahun saya baru tiga kali tidak hadir gotong royong karena tugas keluar kota, tapi khusus tagana kota Palembang saya lihat satu kalipun tidak pernah absen, jadi penghargaan ini juga layak diterima oleh mereka" Ujar Harnojoyo.