Palembang - Sebanyak 214 jamaah haji mandiri Kota Palembang dilepas secara langsung oleh Walikota Palembang H. Harnojoyo di masjid Agung Palembang, Jumat (18/8).

Jamaah haji mandiri ini masuk dalam kloter ke 14 dari 19 kloter yang ada di kota Palembang, diberangkatkan jumat siang langsung dari Palembang menuju jedah arab saudi. 
 
Dalam sambutannya Walikota Palembang H. Harnojoyo mengucapkan selamat berhaji untuk seluruh jamaah semoga menjadi haji yang mabrur. 
 
"Pertama bapak ibu jamaah sekalian harus bersyukur karena akan segera menjalankan rukun islam yang ke lima, tidak semua umat islam mampu menjalankan rukun islam ke lima ini, selamat berhaji, semoga menjadi haji yang mabrur" Ungkap Harnojoyo. 
 
Lebih lanjut Harnojoyo berharap nilai-nilai spiritual yang didapat selama menjalankan ibadah haji hendaknya dapat menjadi identitas yang tercermin dalam sikap dan tingkah laku sehari-hari. 
 
"Nilai spiritual yang kita dapatkan selama ibadah haji harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari, dalam kehidupan bersosial, Insya Allah jika seluruh jamaah haji Kota Palembang dapat menerapkannya, masyarakat madani sebagai salah satu implementasi dari Palembang Emas dapat terwujud" Ujar Harnojoyo. 
 
Sementara itu Kepala Kementerian Agama Kota Palembang, H. Darimi menjelaskan jamaah haji mandiri ini berbeda dengan jamaah haji yang lainnya, dimana mereka tidak melalui KBIH melainkan dibimbing langsung oleh kemenag kota Palembang. 
 
"Jadi mereka ini dikatakan jamaah mandiri karena tidak melalui KBIH, melainkan langsung kemenag yang membimbingnya, mulai dari Bulan januari yang lalu smpai dengan Bulan juli, dengan kemauan sendiri mereka datang ke kantor kemenag kota Palembang, jumlahnya ada 214 jamaah, di mushollah kemenag itulah kita bimbing mereka tanpa dipingit biaya sedikitpun, dan pukul 14:20 Wib ini mereka akan terbang menuju jedah" terang Darami