Palembang - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-72 tahun 2017 ini yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, berlangsung sederhana. Selain pelaksanaan kegiatan upacara yang harus dipindah ke Stadion Kamboja, kegiatan untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan yang biasa diisi dengan berbagai kegiatan lomba yang menjadi tradisi Kota Palembang, harus diundur pelaksanaannya

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang, Isnaini Madani menyampaikan, pada tahun ini kegiatan lomba untuk mensemarakkan HUT Kemerdekaan RI, diundur dengan berbarengan launching Tugu Belido dan robot Asian Games yang rencananya akan dilakukan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi).
 
"Ada dua lomba yang menjadi tradisi kita saat HUT Kemerdekaan RI yang biasa kami laksanakan. Pertama, lomba Bidar dan yang kedua lomba perahu hias. Semua rangkaian acara tersebut akan kita serentakkan pada kegiatan lain yang mana rencananya akan disaksikan langsung Presiden RI," jelasnya.
 
Diundurnya rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI tersebut, karena akan diserentakkan dengan kegiatan lain, seperti launching Tugu Belido, Restorasi Kawasan Sekanak Kerihin, Peresmian Dua Kecamatan baru, Pecah Rekor MURI kegiatan gotong royong yang dilaksanakan satu juta orang masyarakat Kota Palembang serentak di seluruh Kelurahan Kota Palembang dan launching aplikasi robot Asian Games.
 
"Kita ingin agar kegiatan rangkaian HUT Kemerdekaan RI ini lebih semarak dan ditontonkan dihadapan Presiden RI. Aecara kebetulan juga, kegiatan ini tidak bisa kita adakah hari ini, karena ada sterilisasi di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) sejak kemarin, untuk menyambut Wakil Presiden RI pada kegiatan Countdown Asian Games 2018 yang diadakan secara serentak di Palembang dan Jakarta besok, Jumat 18 Agustus 2017," tuturnya.
 
Saat ini, ungkap Isnaini, pihaknya sedang menunggu penyesuaian jadwal kegiatan RI Satu tersebut, sehingga dapat ditentukan kapan rangkaian kegiatan lomba dan launching akan berlangsung.
 
"Kita akan tetap laksanakan, karena rangkaian HUT RI ini sudah menjadi tradisi kita," ucapnya.
 
Isnaini berharap, meski diundur kegiatan dan rangkaian HUT Kemerdekaan RI tersebut akan tetap semarak. Apalagi kegiatan aka  diaserentakkam dengan kegiatan lain.
 
"Ini jadi strategi kita. Karena jika diadakan sekarang maka acara yang akan dihadiri Jokowi peserta lombanya juga sedikit. Makanya, kita undur sekaligus pengehamatan anggaran. Jangan sampai dua kali kegiatan hanya akan membuang-buang anggaran," tandasnya.